Kota Tidore Canangkan Prasasti Pilot Project Desa-Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim melakukan pencanangan dan Penandatanganan Prasasti Pilot Project Desa/Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan Kota Tidore Kepulauan tahun 2019 yang dipusatkan di Balai Desa Maitara (kompleks Akebai) Kecamatan Tidore Utara, Selasa (6/7/).

Turut Hadir Wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Hj Rahmawati Muhammad Sinen, Plt Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Maluku Utara, Pimpinan OPD, Para Camat dan Kepala Desa se Kota Tidore, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Maitara.

Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan bahwa pencanangan dan Penandatanganan Prasasti Pilot Project Desa/Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan pada hari memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung terpenuhinya hak setiap warga negara dalam memiliki dokumen administrasi kependudukan yang nantinya digunakan dalam setiap kepentingan dan kepengurusan sesuai kebutuhan masyarakat.

Ali Ibrahim juga berharap kepada delapan Kelurahan/Desa di Kota Tidore yang menjadi percontohan sadar Administrasi Kependudukan agar dapat menjadi contoh bagi semua Desa/Kelurahan yang ada di wilayah Kota Tidore Kepulauan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memiliki administrasi kependudukan.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan Sunaryah Saripan mengatakan bahwa Administrasi kependudukan merupakan bukti otentik atas keberadaan serta pengakuan seseorang sebagai anggota masyarakat terlebih lagi menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki dalam setiap pengurusan dan kepentingan serta dengan tujuan menjadikan pilot projet di delapan Desa/Kelurahan sebagai pilar terdepan menuju terciptanya kesadaran administrasi kependudukan masyarakat Kota Tidore dalam mendukung GISA.

Dikatakan, yang memperoleh capaian sadar Administrasi Kependudukan tertinggi tahun 2019 dan dicanangkan sebagai Pilot Project Kelurahan/Desa percontohan sadar Administrasi Kependudukan di setiap Kecamatan yang ada di Kota Tidore yakni Desa Maitara, Kelurahan Tomalou, Kelurahan Indonesiana, Kelurahan Jiko Cobo, Kelurahan Sofifi, Desa Lifofa, Desa Talagamori dan Kelurahan Akelamo.

“Untuk seluruh kepengurusan dan pembuatan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tidak dipungut biaya (GRATIS)”. Tutup Sunaryah Saripan

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan dokumen kependudukan kepada masyarakat Desa Maitara diantaranya Akta Kematian, Kartu Keluarga, KTP-El, Akta Kelahiran dan kartu identitas Anak.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker