Brasil Gandeng Kemenag Pastikan Daging Ayam Impor Halal

Abadikini.com, JAKARTA – Indonesia bakal membuka keran impor bagi komoditas ayam asal Brasil. Hal ini menyusul kekalahan Indonesia atas gugatan yang diajukan pemerintah Brasil ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan Antonius Yudi Triantoro mengatakan, komoditas daging ayam yang masuk ke Indonesia dari Brasil tetap harus memenuhi syarat halal, salah satunya berlabel halal. Syarat ini pun sudah diamini oleh pemerintah Brasil dan Organisasi Dagang Dunia (WTO).

“Brasil mengakui itu, masuk Indonesia harus halal, WTO juga akui itu. Produk hewan jelas harus ada itu ya,” kata dia, di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/8).

Dia menjelaskan, halal bukan cuma terkait hewan dan dagingnya saja. Aspek halal juga harus dipenuhi misalnya dalam proses produksi atau pemotongan hewan pun harus halal.

“Halal terkait hewan kan harus bukan sumber daging saja ya, pemotongannya juga. Kan kalau nggak sesuai pemotongannya juga dibilang nggak halal ya,” tegas dia.

Karena itu, pihak Brasil akan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama untuk memastikan terpenuhinya kehalalan komoditas ayam yang masuk ke Indonesia. “Ada kerja sama, BPJPH dengan otoritas disana. Jadi ada dua pihak untuk menjamin halal,” tandas dia.

Editor
Selly
Sumber Berita
MDK

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker