Eks Dubes Korut Membelot Disembunyikan di Lokasi Rahasia

Abadikini.com, JAKARTA –  Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) pada Kamis (1/8) mengatakan kepada anggota parlemen bahwa diplomat Korea Utara, Jo Song Gil, yang tahun lalu dilaporkan membelot dan bersembunyi di Italia bersama keluarganya, diketahui telah meninggalkan Negeri Piza itu. Menurut mereka saat ini Song Gil sedang berada dalam perlindungan di lokasi rahasia.

Informasi ini disampaikan pejabat NIS dalam sebuah pertemuan tertutup dengan anggota parlemen Korsel, Lee Eun-jae.

Dilansir AFP, Jumat (2/8), Lee mengatakan NIS tidak memberikan jawaban rinci ketika ditanya apakah Korsel ikut terlibat dalam melindungi Song Gil, yang merupakan seorang Pelaksana Tugas Duta Besar Korut untuk Italia.

Pada Januari lalu, NIS melaporkan bahwa Song Gil bersama istrinya sempat bersembunyi pada November 2018 usai membelot.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan juga mengatakan Korut belum secara terbuka memberikan tanggapan terkait Song Gil. Sebab isu pembelotan sangat sensitif di Korut sangat sensitif dengan isu pembelotan.

Sejumlah pakar pun meyakini bahwa Korut mungkin akan terus mengabaikan desas-desus pembelotan yang dilakukan diplomatnya itu, dengan harapan tak ada yang menyadari kerentanan pemerintahannya. Apalagi saat ini Korut sedang dalam perundingan dengan Amerika Serikat untuk untuk meminta pencabutan sanksi ekonomi dengan kewajiban melucuti persenjataan nuklir mereka.

Sementara itu, pada Kamis kemarin, militer Korsel juga menginformasikan bahwa sedang melakukan penyelidikan terhadap seorang tentara Korut yang diketahui membelot dengan melewati perbatasan antar Korea melalui sebuah sungai pada Rabu (31/7) malam waktu setempat.

Kepala Staf Gabungan Seoul tidak memberikan informasi lebih lanjut.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
CNN
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button