Tak Tergantikan Sejak 2014, Saefullah Layak Masuk MURI

Abadikini.com, JAKARTA – Kiprah Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dalam mengabdikan diri untuk ibukota tidak perlu diragukan. Bahkan sekalipun puncuk pimpinan DKI berganti, Saefullah tetap menjabat sekda sejak tahun 2014.

Atas alasan itu, Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga menilai Saefullah layak masuk dalam  dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Dia menjelaskan bahwa Saefullah dilantik menjadi Sekda DKI Jakarta sejak 11 Juli 2014. Artinya, mantan walikota Jakarta Pusat itu sudah tetap kokoh selama di era empat gubernur definitif dan tiga Pelaksana tugas (Plt) gubernur.

“Ada Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Djarot Saiful Hidayat, Soni Sumarsono, hingga saat ini Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tapi, Pak Saefullah ini betul-betul tak tergantikan, itu prestasi beliau, dalam waktu dekat kami segera mengusulkan ke MURI,” katanya seperti diberitakan RMOLJakarta, Minggu (21/7).

Rico menjelaskan, perpanjangan masa jabatan yang sebetulnya sudah habis pada 11 Juli 2019 menunjukkan Saefullah masih sangat dibutuhkan oleh Anies untuk bersama-sama membangun Jakarta.

Menurutnya, peran Saefullah semakin vital setelah Sandiaga Uno mundur sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Pria yang akrab disapa Bang Ipul itu pun mengambil peran membantu Anies agar roda pemerintahan di Pemprov DKI Jakarta bisa berjalan dengan baik.

Bahkan, Pemprov DKI bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018.

“Saefullah terbukti bisa mengoordinasikan dan mengonsolidasikan seluruh SKPD untuk melaksanakan rekomendasi dari BPK sehingga WTP bisa diraih,” tutup Rico.

Rico menambahkan, saat masih menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan Pemerintahan Daerah (LP3D), dirinya pernah mengusulkan agar Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mendapatkan rekor MURI karena menjabat orang nomor satu di ibukota di era lima Presiden RI.

Penyerahan rekor MURI dilaksanakan bertepatan dengan penyelenggaran pertemuan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada 2004.

Editor
Irwansyah

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker