Ilmuwan Temukan Cara Agar Tanah Mars dapat Ditanami

Abadikini.com – Menanam tanaman di Planet Merah tidak diragukan lagi akan sangat membantu membangun koloni manusia yang berkelanjutan. Mengingat lingkungannya yang dingin dan keras, Mars mungkin tampak seperti salah satu tempat terakhir di mana tanaman akan tumbuh, tetapi bagaimana jika ada cara untuk mengubah tanahnya menjadi sesuatu yang dapat mendukung kehidupan?

Menurut para peneliti di Universitas Harvard, jawabannya terletak pada lembar “aerogel” yang ditempatkan secara strategis yang mampu meniru efek rumah kaca Bumi dengan menjebak panas matahari. Jika digunakan secara efektif, lembaran ini bisa melelehkan es di bawah permukaan dan menghangatkan tanah agar tanaman bisa tumbuh.

Mereka juga bisa membantu melindungi tanaman dari sinar UV yang berbahaya sambil tetap membiarkan cahaya tampak.

“Jika kita ingin membuat habitat berkelanjutan di planet lain menggunakan teknologi saat ini, pendekatan ini bisa sangat berguna,” kata Robin Wordsworth yang bekerja pada proyek tersebut.

“Ini benar-benar dapat diskalakan, sehingga area yang dicakup bisa berada di mana saja dari beberapa meter persegi ke wilayah besar planet ini.”

Kuncinya adalah dengan menyebarkan lembaran di daerah di mana ada cukup es untuk menyirami tanah.

“Menempatkan perisai aerogel silika di atas daerah yang cukup kaya es di permukaan Mars karenanya dapat memungkinkan kehidupan fotosintesis bertahan di sana dengan intervensi minimal berikutnya,” tulis para peneliti.

“Tempat terbaik untuk mencoba ini mirip dengan tempat Anda ingin mendaratkan manusia: di pertengahan garis lintang di mana tingkat sinar matahari masih relatif tinggi, tetapi di mana itu cukup dekat dengan tutup kutub yang dekat juga dengan endapan es masih tersebar di sekitarnya.”

Apakah kelak, Mars benar-benar bisa untuk bercocok tanam? Jika iya, ini merupakan kabar baik untuk koloni manusia Mars di masa depan.

Editor
selly
Sumber Berita
penghuni60sains
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close