Ingin Jelajahi Mars, Badan Luar Angkasa China Uji Coba Roket Long March 5

Abadikini.com, JAKARTA – Tahun 2020 akan menjadi tahun bersejarah bagi China. Pasalnya negara ini akan meluncurkan roket paling kuat di dunia yang direncanakan mengirim penjelajah ke Mars.

Uji coba roket bernama ‘Long March 5″ ini telah dilakukan 27 Desember pukul 12:45 GMT dan meninggalkan lokasi peluncuran Wenchang di Pulau Hainan dengan membawa satelit uji 20 Shijian. Satelit dikirim ke orbit yang direncanakan setelah 33 menit, menurut kantor berita China, Xinhua.

Keberhasilan peluncuran Long March 5 membuat program luar angkasa China kembali ke jalurnya, setelah upaya pada Juli 2017 gagal saat pertengahan peluncuran. “Itu adalah uji ‘teknologi utama yang terkait dengan misi luar angkasa di masa depan,” kata  Administrasi Antariksa Nasional China yang dilansir dari dailymail.

China menjadi satu dari empat negara yang merencanakan misi ke Mars pada 2020. Apalagi Juli merupakan titik di mana Mars dan Bumi berada di posisi terbaik untuk melakukan pendaratan.

Negara lain yang melakukan hal yang sama ialah, Amerika Serikat, misi bersama Eropa dan Rusia, dan misi pertama Uni Emirat Arab (UEA). Amerika mengirimkan penjelajah Mars 2020, Eropa dan Rusia meluncurkan Rosalind Franklin, dan UEA mengirimkan orbiter. China berencana membawa tiga kendaraan dari Bumi, dengan misi mencari kehidupan Mars kuno pada 2021.

China juga berharap bisa meluncurkan modul inti stasiun ruang angkasa berawak bumi pada 2020. “Roket itu ditugaskan dengan misi-misi penting. Ia akan ditugasi dengan serangkaian misi utama termasuk meluncurkan probe Mars pertama China dan penyelidikan bulan Chang’e-5 dan modul inti untuk stasiun ruang angkasa berawak,” kata Wu Yanhua, wakil kepala Administrasi Luar Angkasa China.

China berhasil meluncurkan Long March 5 pertama pada November 2016. Long March 5 mampu mengangkut hingga 25 ton, sebanding dalam kapasitasnya dengan Delta IV Heavy buatan AS dan Proton-M Rusia.

Sumber Berita
Media Indonesia

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker