UNBK di Sulawesi Selatan tidak Pinjam Laptop lagi

Abadikini.com, MAKASSAR – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020, seluruh peserta didik se-Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah tidak meminjam laptop lagi dari orang tua murid.

Menurut, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah program pengadaan laptop untuk semua siswa tingkat terakhir di SMA, SMK dan SLB di seluruh Sulawesi Selatan, berdasarkan kebijakan yang tertuang dalam dokumen jangka menengah daerah tahun 2018 dan tahun 2023.

Dijabarkan juga dalam rancangan pembangunan daerah RKPD Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020. Maka fokus pembangunan 2020 diarahkan kepada pembangunan manusia supaya sinergi dengan program pemerintah pusat.

“Saya ingin sampaikan kepada bapak itu sekalian anggota dewan yang sangat saya muliakan, setiap tahun kita melakukan UNBK ujian Nasional yang berbasis komputer tapi sangat ironi bahwa sekolah-sekolah masih melaksanakan dengan meminjam sebagian komputer dari orang tua murid,” jelas Nurdin Abdullah dalam sambutannya, di Gedung Paripurna DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (11/7).

Bupati Bantaeng 2008-2018 ini berharap anggaran tahun 2020 ini harus menjadi prioritas utama dalam pembahasan APBD tahun 2020 mendatang.

“Kita berharap tidak ada lagi masyarakat kita dari pulau-pulau harus ke daratan untuk ikut UNBK. Sehingga mungkin kita prioritaskan ke pulau-pulau yang paling jauh. Ini sangat miris kita mendengar bahwa siswa yang ikut UNBK harus menempuh 3 hari 3 malam di laut baru sampai dengan sistem transportasi seadanya,” ujar mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Lebih lanjut Nurdin Abdullah berharap sudah tidak ada lagi generasi penerus yang merasakan kesulitan seperti yang dialami siswa di pulau-pulau di Kabupaten Pangkep. “Saya kira generasi penerus kita yang harus kita berikan dukungan,” kata alumnus Universitas Jepang itu.

Editor
Muhammad Saleh
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button