Meksiko Diterpa Badai Es, Jalanan Tertutup Salju 1 Meter

Abadikini.com, JAKARTA – Fenomena alam tidak lazim terjadi di Mexico City dan Guadalajara, Meksiko. Kedua kota itu diselimuti hujan es dengan ketebalan lebih dari tiga kaki setelah hujan badai sempat menyapu kawasan tersebut pada Minggu (30/6) pekan lalu.

Baca Juga

Sejumlah pejabat pemerintah kemudian berupaya membersihkan jalanan yang tertutup es dan mencegah kerusakan yang mungkin terjadi.

Seperti dilansir CNN, Selasa (2/7/2019), Gubernur Jalisco, Enrique Alfaro Ramirez, mengatakan dia belum pernah menyaksikan fenomena hujan badai es seperti yang terjadi pada Minggu pekan lalu.

“Hujan es dengan lebih dari satu meter tingginya, dan kami heran jika perubahan iklim ada,” cuit Ramirez di Twitternya.

Pemerintah Jalisco juga telah bekerja sama dengan tentara Meksiko dan Guadalajara serta aparat dari Tlaquepaque guna membersihkan sisa-sisa hujan es dari jalan umum.

Pihaknya juga memberikan bantuan bagi warga setempat yang rumahnya terkena dampak dalam insiden ini.

Menurut seorang ahli meteorologi, Michael Guy, hujan badai es tersebut diperkirakan terjadi akibat adanya tekanan rendah yang meluas ke kawasan selatan dari perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko. Alhasil, badai terus berkembang di sepanjang perbatasan dengan massa udara yang berbeda.

“Ketika badai tersebut berkembang, semua material bersatu dan membentuk sebuah hujan badai yang tidak biasa seperti di Guadalajara,” kata Guy.

Guy juga mengatakan bahwa wilayah pegunungan di Jalisco dapat membantu perkembangan badai baru yang pesat. Menurut Guy, hujan badai yang terjadi kali ini cukup aneh dan tak biasa.

Cuaca buruk sebenarnya jarang terjadi di kota Jalisco karena letaknya yang hampir lima ribu kaki di atas permukaan laut. Kota ini biasanya mampu mempertahankan temperatur dan iklimnya.

“Namun, ini adalah kasus di mana material-material atmosfer dan topografi bersatu dan menyebabkan badai hujan es yang tak biasa,” ujar Guy.

Editor
Selly
Sumber Berita
Cnn

Baca Juga

Back to top button