Ini Penyediaan Layanan Kesehatan Geriatri yang Handal di Surabaya

Abadikini.com, SURABAYA – PT Prodia Widyahusada Tbk (kode saham: PRDA) meresmikan Prodia Senior Health Centre (PSHC) yang berlokasi di Ruko Mega Galaxy Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No. 190 B-5, Surabaya.

Peresmian PSHC di Surabaya ini dihadiri oleh Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty, AVP Business & Marketing Prodia Lies Gantini, Regional Head East Java & Batara Prodia LM Sri Woelan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Surabaya Dr. Brahmana Askandar Tj, dr., Sp.OG(K), para dokter, dan direktur rumah sakit di Surabaya, serta jajaran manajemen Prodia lainnya. 

Surabaya menjadi kota kedua yang memiliki layanan Prodia Senior Health Centre setelah Prodia membuka PSHC pertama di Jakarta pada akhir tahun 2017. 

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, mengatakan “Kehadiran Prodia Senior Health Centre di Surabaya merupakan inisiatif kami dalam menyediakan fasilitas dan layanan kesehatan yang berkualitas bagi para pelanggan senior (middle age dan usia lanjut) sehingga para pelanggan ini bisa tetap sehat, bugar dan terhindar dari penyakit degenerative ataupun komplikasinya. 

Dengan adanya Prodia Senior Health Centre ini, kami berharap dapat berkontribusi terhadap penyediaan layanan kesehatan geriatri yang andal di Surabaya,” lugas Dewi, di sela-sela Grand Opening Prodia Senior Health Centre di Surabaya. Minggu, (23/6/2019).

Berdasarkan data Statistik Penduduk Lanjut Usia tahun 2015 dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia diperkirakan akan bertambah menjadi sekitar 40 juta jiwa pada tahun 2030. 

Lebih lanjut, merujuk data Pusat Kependudukan LIPI tahun 2018, kota Surabaya mempunyai jumlah penduduk usia lanjut terbesar ketiga di Jawa Timur yaitu sebesar 219.056 jiwa. 

Dalam perbandingan berdasarkan jumlah seluruh populasi penduduk maka jumlah penduduk usia lanjut di kota Surabaya berjumlah sekitar 7,90 persen dari total populasi sebesar 2.848.583 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa Surabaya memiliki jumlah penduduk usia lanjut yang cukup tinggi. 

Menurut Studi Satu Langkah Menuju Impian Lanjut Usia, Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2030: Kota Surabaya, Surabaya termasuk kota yang memiliki persentase pertumbuhan penduduk usia lanjut cukup tinggi. 

Hal ini dapat terjadi diantaranya karena dipengaruhi oleh semakin meningkatnya usia harapan hidup di kota Surabaya yang mencapai 71 tahun. 

Prodia Senior Health Centre di Surabaya menyediakan layanan dan fasilitas kesehatan eksklusif, lengkap, dan terpadu yang meliputi penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat, deteksi dini dan pemantauan kesehatan pelanggan usia lanjut.

Diantaranya seperti konsultasi dan pemeriksaan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Geriatri, Dokter Spesialis Jantung, Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, dan Dokter Umum, serta pemeriksaan laboratorium, radiologi, treadmill, EKG, USG, Bone Mineral Density (BMD), fisioterapi dan rehabilitasi medik, dan vaksinasi. 

“Usia bukanlah halangan untuk tetap hidup aktif. Untuk itu dengan semakin bertambahnya usia, kita harus semakin peduli untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. 

Melalui fasilitas dan layanan di Prodia Senior Health Centre, para pelanggan senior dapat memeriksakan kesehatannya agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar,” ucap Yoppy Chikal R.B, Unit Head Prodia Senior Health Centre Surabaya. 

Sejalan dengan transformasi Prodia sebagai penyedia layanan kesehatan generasi baru, Prodia telah meluncurkan tes-tes pemeriksaan esoterik atau tes pemeriksaan khusus yang dapat mengidentifikasi risiko penyakit tertentu sehingga setiap individu dapat melakukan tindakan preventif atau pencegahan penyakit tertentu.

Tes pemeriksaan khusus tersebut diantaranya Cancer Risk (CArisk) yang merupakan pemeriksaan genomik yang digunakan untuk mengidentifikasi risiko 13 jenis kanker yaitu kanker payudara, usus besar atau kolorektal, serviks, hati, pankreas, paru, lambung, tiroid, uterus, kandung kemih, prostat, nasofaring dan kelenjar getah bening. 

Adapun pemeriksaan genomik risk lainnya yang akan dikembangkan, dapat digunakan untuk memprediksi risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, dan autoimun berdasarkan genetiknya. 

Disamping itu, Prodia juga menyediakan pemeriksaan mutasi gen EGFR ctDNA dan ultrasensitive EGFR Mutation T790M untuk menetapkan pengobatan kanker paru.

ProHealthy Gut untuk pemeriksaan kesehatan usus, NIPT-ProSafe untuk pemeriksaan non-invasive prenatal testing (NIPT) yaitu pemeriksaan unggulan untuk memprediksi risiko kehamilan bayi down syndrome.

Serta kerjasama rujukan Analisis Telomere untuk mengetahui usia biologis individu. Prodia merupakan laboratorium klinik pelopor di Indonesia yang menyediakan tes-tes pemeriksaan terbaru. 

Pada awal tahun 2019 ini, Prodia juga memperkenalkan tes pemeriksaan baru bernama DiaRisk untuk memprediksi risiko diabetes pada individu. 

Jenis diabetes yang dapat diketahui risikonya dengan pemeriksaan DIArisk adalah risiko diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan gestational diabetes (diabetes saat kehamilan). 

Selain diabetes dan komplikasinya, DIArisk juga dapat mengetahui faktor risiko obesitas, kelainan metabolisme lipid, dan penyakit ginjal kronis. 

Guna melayani pelanggan lebih dekat, Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA). 

TANIA dapat diakses oleh siapapun khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online diantaranya melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id, dan Website Prodia:www.prodia.co.id. (ak/ari)

Editor
Selly P

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker