Agnes Claudia, Gadis Katolik Kasih Pizza ke Driver Ojol untuk Buka Puasa

Abadikini.com – Seorang perempuan katolik memberikan pizza untuk driver ojek online untuk berbuka puasa. Aksi tak sengaja Agnes Claudia itu viral di media sosial.

Kisah Agnes Claudia viral di media sosial ini dipuji di tengah sejumlah kasus intoleransi. Kisah viral ini telah dibagikan lebih dari 20 ribu kali di media sosial Facebook. Unggahan itu menampilkan percakapan pelanggan bernama Agnes Claudia yang memesan pizza lewat aplikasi ojek online.

Ternyata Agnes Claudia memberikan pizza itu kepada si pengemudi ojek online untuk berbuka puasa. Ketika pengemudi ojek mengucapkan terima kasih dan selamat berpuasa, Agnes meluruskan bahwa dia penganut Katolik.

Berbagi kepada sesama memang sudah tertanam dalam diri Agnes Claudia. Perempuan yang tinggal di Jakarta Barat ini mengatakan, ayahnya terus mengajarkannya untuk berbagi.

Begitu pun ketika Agnes Claudia membuka usaha sampingan jasa titipan (jastip) luar negeri, dia berkomitmen menyisihkan sebagian penghasilannya untuk amal. Ini adalah ungkapan syukurnya kepada Tuhan.

“Karena saya percaya, setiap order yang masuk itu ada campur tangan dari Tuhan. Ada aja order yang masuk, ada aja rejeki tambahan kayak gini,” ujarnya saat berbincang dengan VOA, Jumat (10/5/2019) kemarin.

Agnes Claudia, gadis katolik yang kasih pizza ke driver ojol untuk buka puasa. (dok pribadi)

Memberi Diam-Diam tapi Jadi Viral

Niat berbagi itu pun terus disimpannya. Sampai pada Selasa (7/5/2019) sore kemarin, ketika pulang kerja dari Cikupa, Tangerang, ke Jakarta Barat, dia melihat banyak ojek di jalanan. Sekejap, dia mendapatkan ide untuk memberikan pizza kepada pengemudi ojek, Erik Rinaldo.

“Saya bayangin kalau dia bawa makanan, buat kasih orang rumah, buat keluarganya makan kan kayaknya bisa jadi berkah buat satu keluarga dia. Jadi saya pikir, ‘mau ah kayak gini,’ coba iseng,” ujar perempuan yang menjalankan usaha keluarga di industri kawat ini.

Pemberiannya dilakukan diam-diam. Tapi malam itu, tanpa sepengetahuannya, kisah Agnes Claudia sudah diunggah ke Facebook dan jadi ramai.

“Lho, saya kaget banget. Lho, saya kan nggak ngomong ke siapa-siapa. Nggak ada yang tahu satupun karena kan niatan saya mau lakukan itu diam-diam,” kisahnya.

Di jagat maya, tak sedikit yang memberi pujian kepada Agnes Claudia. Di Facebook, akun Santi Kuswoyo menyebut pemberi pizza ‘berhati mulia’ sementara akun Maia Jordy mengatakan ‘indahnya perbedaan’.

Kisah Agnes Jadi Inspirasi Toleransi

Kisah pizza Agnes Claudia muncul di tengah beberapa kasus intoleransi sejak awal 2019. Di Bekasi, Jawa Barat, kelompok warga menolak rencana pembangunan pura. Sementara pada April, terdapat sejumlah perusakan lambang salib di pemakaman Bethesda, Yogyakarta, disusul penolakan seorang Katolik tinggal di Bantul.

Setara Institute mencatat, dalam 11 tahun terakhir, terdapat 2.240 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama. Namun masih banyak orang yang menjunjung harmoni lintas-agama. Terbukti dengan Agnes yang menerima banyak pesan dukungan di media sosial.

Perempuan jemaat gereja St Fransiskus Asisi, Jakarta Barat, ini mengatakan ‘kaget dan terharu’ aksi kecilnya bisa jadi inspirasi.

“Kita do good, be good, tanpa melihat background dia apa. Itu tentunya akan lebih indah kalau kita benar-benar bisa hidup berdampingan. Saling toleransi sama satu sama lain, menghormati agama lain,” ujarnya.

Lewat aksinya, Agnes Claudia berharap warga Indonesia yang beragam suku dan agama bisa bersatu melawan sekat sebagaimana semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

“Jadi pengennya tuh kita semua dari berbeda agama, ras, dan suku itu damai-damai, rukun rukun, nggak gampang dikit-dikit kesenggol soal isu SARA dan sebagainya,” kata Agnes mengungkap harapannya. (VOA/Suara)

Editor
Irwansyah

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker