Sri Lanka Blokir Media Sosial karena Sentimen Anti-muslim Meluas

Abadikini.com, CHILAW – Pemerintah Sri Lanka hari ini mengatakan memblokir sejumlah jaringan media sosial dan aplikasi pesan singkat, termasuk Facebook dan WhatsApp, setelah sejumlah masjid dan toko milik warga muslim jadi sasaran serangan selepas serangan bom bunuh diri ke gereja pada Minggu Paskah lalu.

Laman The India Times melaporkan, Senin (13/5/2019), sejumlah orang kemarin melempar batu ke beberapa masjid dan toko muslim di Kota Chilaw pesisir sebelah barat Sri Lanka dan seorang pria juga dipukuli hingga tewas. Menurut kantor berita Reuters, kerusuhan itu dipicu cekcok di Facebook.

Pihak berwenang mengatakan mereka sudah menangkap Abdul Hamid Muhamad Hasmar, 38 tahun, pemilik akun Facebook yang memajang sebuah unggahan pemicu pertengkaran itu. Dalam unggahannya dia menulis ‘suatu hari kalian akan menangis’ dan unggahan itu ditafsirkan pengguna media sosial sebagai ancaman kekerasan.

Sumber polisi mengatakan kepada Reuters, pihak berwenang juga menangkap sekelompok orang di Kuliyapitiya dan Dummalasuriya kemarin dan tadi pagi atas tuduhan menyerang toko warga muslim.

Juru bicara militer Sumith Atapattu mengatakan warga setempat meminta mereka yang ditangkap segera dibebaskan.

“Untuk mengatasi situasi, polisi menerapkan jam malam,” kata Atapattu.

Gelombang kekerasan di Sri Lanka ini terjadi tiga pekan setelah serangan bom bunuh diri di empat hotel dan tiga gereja menewaskan lebih dari 250 orang dan melukai ratusan lainnya.

Editor
Selly P
Sumber Berita
merdeka

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker