Donny van de Beek si ‘Penakluk’ Turin dan London

Abadikini.com – Ajax Amsterdam menang 1-0 di markas Tottenham pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2018/19, Rabu (01/5). Gelandang muda Donny van de Beek menjadi bintang utama.

Van de Beek mencetak gol tunggal penentu kemenangan Ajax. Gol itu diciptakannya berkat assist Hakim Ziyech pada menit 15.

Van de Beek melakukannya lagi. Sebelum ‘menaklukkan’ London dengan golnya, dia sudah terlebih dahulu melakukannya di Turin.

Ajax sampai di babak ini setelah menyingkirkan Juventus dengan agregat 3-2 di perempat final. Kelolosan Ajax dipastikan dengan kemenangan 2-1 di Turin pada leg kedua. Dalam laga itu, van de Beek mencetak satu dari dua gol Ajax.

Van de Beek pun membandingkan gol yang dicetaknya di Turin dengan gol kontra Tottenham. Menurutnya, dua gol itu nyaris serupa.

Gol van de Beek ke gawang Juventus di Allianz Stadium tercipta diawali tembakan Hakim Ziyech dari luar kotak. Tembakan mendatar Ziyech itu tidak sampai ke gawang, tapi berhenti di kaki van de Beek yang berada di jantung pertahanan lawan. Van de Beek kemudian menuntaskannya jadi gol penyama kedudukan, tak lama setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka untuk La Vecchia Signora.

Di Tottenham Hotspur Stadium, Ziyech kembali berkontribusi untuk gol Ajax oleh van de Beek.

Posisinya nyaris sama, juga dari luar kotak. Bedanya, kali ini Ziyech memang mengoper bola kepada rekannya itu, bukan menembak.

“Gol saya hampir mirip dengan yang saya cetak di Turin. Di sana (Turin), Hakim melepas tembakan yang mengarah ke saya, dan kali ini dia mengirim sebuah operan yang hebat,” kata van de Beek, seperti dikutip UEFA.com.

“Saya berlari ke arah bench setelah mencetak gol, karena saya ingin merayakannya bersama mereka.”

Gol tunggal van de Beek menempatkan Ajax di posisi bagus untuk lolos ke final. Leg kedua di Amsterdam akan digelar pekan depan.

Editor
Rizki Dwi Putra
Sumber Berita
bolanet

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker