Ini Cara Tepat Memotong Alpukat

Abadikini.com, JAKARTA – Sebagian besar orang mengiris alpukat dengan pisau tanpa berpikir dua kali. Padahal jenis pisau yang digunakan dapat berperan dalam seberapa cepat daging alpukat berubah warna.

Misalnya dari awalnya berwarna kuning kehijauan tersebut berubah menjadi kecokelatan. Terutama jika Anda tidak menghabiskan langsung alpukat yang baru dipotong tersebut. Sama seperti apel dan terong, alpukat mengandung enzim yang menyebabkan daging menjadi cokelat ketika terpapar oksigen di udara.

“Browning adalah reaksi alami yang akan terjadi dan tidak mungkin dihentikan,” kata Nick Stellino, seorang celebrity chef dan pemandu acara Storyteller in the Kitchen.

Pisau logam, khususnya yang mengandung unsur tembaga dan besi, akan membuat alpukat Anda mengalami oksidasi sedikit lebih cepat daripada pisau yang terbuat dari plastik atau keramik.

“Namun tetap perlu diingat bahwa memotong alpukat dengan pisau keramik atau plastik pun tidak bisa membuat daging alpukat Anda tetap segar selama berhari-hari,” ujar Stellino.

Dikutip dari Medcom, Selain itu, ada rentang waktu yang diperlukan apabila alpukat berubah menjadi coklat. Yaitu tergantung pada tingkat kematangan sebelum dipotong.

“Jika alpukat sudah terlalu matang, atau terlalu lembut dan lembek saat disentuh, maka proses pencoklatan akan berjalan dengan sangat cepat. Anda juga dapat memperlambat laju proses oksidasi dengan memerhatikan bagaimana Anda memotong alpukat,” sambung Stellino.

Lebih lanjut, Stellino mengatakan bahwa membuang daerah di sekitar biji alpukat juga merupakan kesalahan terbesar ketika Anda memotong alpukat. Bagian tersebut sebenarnya salah satu bagian paling sehat dari alpukat.

“Kebanyakan orang akan membuang daging yang terdapat di sekitar biji alpukat, padahal sebenarnya bagian tersebut masih bisa dimakan dan juga membuat daging alpukat lebih sering terekspos pisau logam tersebut,” katanya.

“Ini akan meningkatkan proses kecoklatan, selain itu juga membuat lebih banyak bagian alpukat yang terbuang,” tegas Stellino.

Selain itu, teknik memotong alpukat juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Semakin tajam pisaunya, semakin bersih daging alpukat Anda. Ini akan membuat alpukat tetap utuh, yang juga dapat memperlambat proses pencoklatan.

“Dan mungkin lebih penting daripada teknik memotong alpukat adalah ketajaman pisau Anda,” tutup Stellino.

Editor
Sulasmi
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker