Arab Saudi Penggal 37 Orang Karena Terorisme Dalam Eksekusi Massal Sehari

Abadikini.com, JAKARTA – Arab Saudi telah melaksanakan hukuman pemenggalan kepala terhadap 37 warga mereka yang kebanyakan adalah penganut Shiah dalam eksekusi massal di negeri itu karena kejahatan yang berhubungan dengan terorisme.

Eksekusi pemenggalan di Arab Saudi

Setelah pemenggalan kepala, jasad dan kepala salah satu anggota kelompok ekstrim Sunni juga digantung di sebuah tiang sebagai peringatan untuk yang lain.

Eksekusi ini diperkirakan akan semakin meningkatkan ketegangan sektarian dan regional antara Arab Saudi dan Iran.

Seorang pembangkang Saudi Ali al-Ahmed, yang mengelola badan bernama Gulf Institute di Washington mengatakan bahwa 34 orang yang dipenggal adalah penganut Shiah berdasarkan nama-nama yang diumumkan oleh Departemen Dalam Negeri Saudi.

“Ini adalah eksekusi terbesar terhadap kelompok Shiah dalam sejarah Saudi,” kata al-Ahmed.

mengutip dari ABC via JPNN, Lembaga HAM Amnesty International juga mengukuhkan bahwa mayoritas yang dieksekusi adalah pria dari kelompok Shiah.

Lembaga tersebut mengatakan bahwa mereka dinyatakan bersalah setelah berlangsung ‘pengadilan yang tidak benar’ karena pengakuan saksi dan terdakwa didapat lewat cara penyiksaan.

Ini adalah eksekusi terbesar yang dilakukan dalam waktu satu hari di Arab Saudi sejak 2 Januari 2016.

Ketika itu, Saudi mengeksekusi 47 orang juga dalam kasus berkenaan dengan terorisme, dalam eksekusi terbesar yang pernah dilakukan oleh pihak berwenang Saudi sejak tahun 1980.

Diantara mereka yang dieksekusi tiga tahun lalu tersebut adalah empat warga Shiah, termasuk ulama Shiah ternama Nimr al-Nimr.

Kematian al-Nimr menimbulkan gelombang protes mulai dari Pakistan sampai ke Iran, dan juga penyerbuan terhadap kedutaan Saudi di Teheran.

Sejak itu hubungan Saudi-Iran memburuk dan sampai sekarang kedutaan Saudi di Teheran masih tutup.

Raja Saudi Salman sudah memberikan persetujuan terhadap eksekusi massal hari Selasa dan juga eksekusi di tahun 2016.

Ali al-Ahmed dari Gulf Institute di Washington mengatakan tindakan eksekusi hari Selasa ini tampaknya dilakukan untuk menyampaikan pesan politik kepada Iran.

“Mereka tidak perlu melakukan eksekusi terhadap orang-orang ini, namun ini dilakukan di tengah gelombang tekanan Amerika terhadap Iran.” katanya.

Sekitar 100 eksekusi sejak awal 2019

Pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Saudi menyebutkan bahwa mereka yang dieksekusi menganut idiologi ekstrim dan membentuk sel teroris dengan tujuan menyebabkan kekacauan dan memprovokasi ketegangan sektarian.

Disebutkan juga mereka yang dinyatakan bersalah telah melakukan serangan terhadap fasilitas keamanan dan menewaskan petugas, dan juga bekerja sama dengan organisasi musuh melawan kepentingan negara.

Pernyataan itu tidak menyebutkan dimana saja eksekusi tersebut dilakukan.

Amnesty International mengatakan 11 dari 37 orang yang dieksekusi dinyatakan bersalah menjadi mata-mata untuk Iran, dan dihukum mati setelah ‘peradilan yang tidak berlangsung adil’.

Sekurangnya 14 orang dieksekusi karena tindak kekerasan ketika mereka ikut dalam unjuk rasa anti pemerintah di kawasan penduduk yang sebagian besar Shiah di Arab Saudi di tahun 2011 dan 2012.

Menurut pengumuman resmi pemerintah, sejak awal tahun 2019, sudah hampir 100 orang dieksekusi mati di sana.

Tahun lalu, Saudi mengeksekusi 149 orang, kebanyakan penyeludup narkoba, menurut data yang diperoleh Amnesty Internasional.

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini

Editor
Selly
Sumber Berita
JPNN

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker