IKADIN Kembali Adakan Rutinitas Penyuluhan Hukum Bagi Lansia di Jember

Abadikini.com, JEMBER – Suatu organisasi hukum yang secara rutin mengadakan penyuluhan yang berfokus terhadap wanita, anak-anak, serta Lanjut Usia (Lansia) kembali mengadakan penyuluhan dengan tema penyuluhan organisasi Bantuan Hukum untuk Lansia bertempat di Ukafe Lounge di Hotel Meotel Jember.

Baca Juga

Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) yang diwakili Yani mengatakan, Lansia jaman sekarang perlu untuk diberi penyuluhan hukum secara konsisten agar mereka paham untuk melakukan tindakan hukum dan jika mereka perlu bantuan hukum, hukum itu kan memaksa kita untuk tahu semua produknya.

“Memang benar, fiksi hukum adalah asas yang menganggap semua orang tahu hukum (presumptio iures de iure). Semua orang dianggap tahu hukum, tak terkecuali petani yang tak lulus sekolah dasar, atau warga yang tinggal di pedalaman,” pungkasnya saat memberikan pemaparan penyuluhan. Selasa, (26/3/2019).

Lanjut Yani, dalam bahasa Latin dikenal pula adagium ignorantia jurist non excusat, ketidaktahuan hukum tidak bisa dimaafkan. Seseorang tidak bisa mengelak dari jeratan hukum dengan berdalih belum atau tidak mengetahui adanya hukum dan peraturan perundang-undangan tertentu.

“Maka perlu adanya konsekuensi dari pemerintah maupun orang yang lebih paham hukum untuk selalu melakukan kegiatan sosialisasi hukum dalam bentuk penyuluhan ataupun dalam bentuk seminar,” lugasnya dengan wajah sumringahnya.

Yani menambahkan, kegiatan penyuluhan ini diharapkan menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap teori fiksi hukum, dirinya merasa bebannya menjadi berkurang.

“Karena saya tidak mengharap apa-apa, selain saya ingin masyarakat kita terutama wanita dan lansia paham apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan hukum, semoga nanti bisa mengadakan acara seperti ini di Meotel Jember lagi ya,” ujarnya sambil tersenyum cerah.

Acara berjalan lancar dengan diiringi oleh electone dan didampingi dengan edamame para staf Meotel pun turut mendengarkan paparan dari Yani dengan khidmat, suasana menjadi sangat meriah saat para Lansia menyanyi, Yani terlihat senang melihat acara tersebut lancar. (ari)

Editor
Irwansyah

Baca Juga

Back to top button