Universitas Al Azhar Kembangkan Riset Berbahan Umbi-umbian

Abadikini.com, JAKARTA – Universitas Al Azhar (UAI) tengah mengedepankan riset berbasis sumber daya alam (SDA) yang tidak mudah habis. Pasalnya, Indonesia kaya akan SDA, namun sangat disayangkan jika hanya dieskploitasi belaka.

Rektor UAI, Asep Saefuddin mengatakan, saat ini riset dengan menggunakan tanaman Ganyong, sejenis umbi-umbian sedang coba dikembangkan kampusnya. Agar sumber daya alam Indonesia tidak terbuang dengan mubazir.

“Kita sedang mengembangkan pangan-pangan berbasis lokal, misalnya ada berbasis Ganyong, umbi-umbian, jadikan riset untuk masa depan hal pangan,” ujarnya di Gedung Universitas Al Azhar, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019.

Ia menambahkan, produk hasil riset yang berbentuk pangan, tidak berhenti sebatas penelitian saja. Namun nantinya akan diproduksi secara masif, agar masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya.

Sehingga, ke depanya dapat membantu pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan. Agar tidak ada lagi pangan hasil impor.

“Kalau pangan masih impor kan sayang, di Indonesia banyak (SDA), kacang-kacangan, belum lagi kopi, itu sumber dayanya tinggi. Jadi kalau mau mengembangkan, harus riset berbasis sumber daya alam,” tuturnya.

Lebih lanjut, hasil riset dengan menggunakan Ganyong akan segera diurus perizinannya.

“Nanti akan dipamerkan di Indonesia Sains Expo, pada 27 Maret 2019, bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti),” pungkasnya.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
Medcom
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker