Bikin Film dengan Polri, Monty Tiwa Kaget

Abadikini.com, JAKARTA – Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia membuat proyek film cerita yang memotret kehidupan para taruna di Akademi Kepolisian (Akpol). Monty Tiwa, yang dipercaya untuk menulis naskahnya dan menjadi sutradara, mengaku terkejut karena tidak mendapat batasan tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh diceritakan.

Film ini lantas diberi judul Pohon Terkenal, merujuk kepada sebutan khas Akpol bagi taruna yang sering dihukum.

Menurut Monty, ketika proyek ini ditawarkan ke dirinya, permintaan Humas Polri cukup sederhana. Dia diminta untuk mengunjungi Akpol Semarang, mengamati kehidupan lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan di sana, dan menceritakan apa yang bisa dia ceritakan.

“Di situ, saya masih enggak yakin. Ah, gue pengen tahu. Gue pergi ke Akpol, dua bulan riset, jadilah naskah, gue kirim. Nih!” kata Monty kepada Medcom.id di XXI Epicentrum dalam gala premier Pohon Terkenal, Kamis, 21 Maret 2019.

Monty menganggap naskah pertama yang dikirim ke Humas Polri sebagai versi uji coba. Kendati ragu, dia memasukkan beberapa elemen cerita yang semula disangka tidak akan disetujui. Misalnya tentang bandelnya tokoh Bara (Umay Shahab) atau relasi taruna dan taruni yang saling jatuh cinta dan berpegangan tangan.

Baik dalam versi film maupun kehidupan aslinya, Akpol memang punya aturan yang melarang taruna dan taruni punya hubungan khusus atau kontak fisik seperti berpegangan tangan.

Awalnya, Monty menyangka unsur cerita seperti itu akan disaring oleh pihak Humas Polri karena khawatir citra kepolisian menjadi tidak bagus. Apalagi, katanya, ini adalah era ketika berbagai hal tentang Polri mudah menjadi sorotan.

“Ternyata koreksinya cuma tiga! Itupun lebih ke jargon,” ujar

“Saya saja kaget, kenapa mereka (Humas Polri) mau bkin film seperti ini tanpa dipoles?” imbuhnya.

Pohon Terkenal dibintangi oleh Umay Shahab, Laura Theux, Raim Laode, serta didukung oleh Cok Simbara dan Adjis Doaibu. Naskahnya ditulis Monty bersama Annisa Meutia dan Lina Nurmalina.

Film ini telah tayang di bioskop sejak Kamis, 21 Maret 2019.

Editor
Selly
Sumber Berita
Medcom
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker