Peta Politik di Kotamobagu Jelang Pemilu 2019

Abadikini.com, KOTAMOBAGU – Hajatan Akbar, Pesta Demokrasi 5 tahunan tinggal menghitung hari. Parpol Peserta Pemilu 2019 jauh-jauh hari sudah menyiapkan diri. Bagaimana kondisi politik di Kotamobagu ,sekaligus persiapan Partai Peserta Pemilu 2019, berikut hasil wawancara AbadiKini.com dengan pimpinan dan pengurus parpol di Kotamobagu baru-baru ini.

“PDIP untuk saat ini tinggal menjaga agar yang sudah terjaring tidak lagi ada yg keluar dari kandangnya. Kita sangat meyakini jika pemilihan dilakukan saat ini maka target 8 kursi dapat kita miliki “, kata Michael Nong Pakasi, Wakil Ketua Bidang Polhukam DPC PDIP Kotamobagu.

“Sebagai partai baru yang saat ini belum memiliki perwakilan di DPRD Kotamobagu, sadar betul bahwasanya untuk bisa merebut posisi sebagai partai papan atas di Kotamobagu bukanlah hal yang mudah. Semua itu bisa dicapai dengan kerja yang maksimal mulai tataran atas hingga kader yang ada di bawah. Di sinilah kemampuan kader diuji untuk meraup suara pada Pemilu 2019.

Saat ini seluruh kader, caleg serta simpatisan terus melakukan konsolidasi agar target partai bisa terpenuhi.

Tak bisa dipungkiri efek ekor jas dari Bupati Bolmong, Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow dan Walikota  Kotamobagu, Ir. Tatong Bara  yang juga kader Partai NasDem, sangat membantu kami.

Para kader, caleg dan simpatisan dari tiga dapil yang ada di Kotamobagu ini harus bisa meraup suara untuk memenangkan Pemilu 2019 di Kotamobagu .

Terlepas dari itu semua kami  dari Partai Nasdem berharap pemilu kali ini insha Allah berjalan aman dan damai”,ungkap Mahmud Kindangen Ketua Bappilu DPD Partai NasDem Kotamobagu.

“Dalam dinamika politik di Kota Kotamobagu menjelang hari pencoblosan, PAN fokus menggarap konstituen yang telah terawat selama ini, Insya Allah kami bisa mempertahankan jumlah kursi yg ada, sambil terus bekerja keras meraih peluang untuk meningkatkannya, karena peluang kami sangat besar tinggal bagaimana kami bekerja sama mewujudkannya. PAN akan menjadikan partai yg mau bersahabat untuk saling menjaga suara sebagai amanat rakyat, bersama kita bisa wujudkan demokrasi yg saling menguatkan untuk kepentingan kota dan masyarakat Kotamobagu”, ujar Ir. Johanna Pelafu, Wakil Ketua 1 DPD PAN Kotamobagu, yang juga Legislator PAN Kotamobagu.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Kotamobagu Toni Mokolanut menyatakan  “Melihat pemetaan per dapil dengan komposisi Caleg, Partai Kebangkitan Bangsa sangat optimis meraih satu Fraksi utuh 7 kursi di DPRD Kotamobagu”.

Sementara itu, Fajrudin Lobangon, Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Kotamobagu saat dimintai keterangan awak media ini menuturkan peluang besar Partai Demokrat menduduki posisi pimpinan DPR dipemilu kali ini.

“Dengan formasi caleg Demokrat yang tersebar di tiga dapil, saya optimis, Demokrat bisa meraih minimal salah satu unsur pimpinan di DPR,” kata Lobangon.

Irvan Zubair, Sekretaris DPC PPP Kotamobagu menyatakan :”Pandangan PPP yang duduk di DPRD nanti adalah caleg yang ber-integritas agar daerah bisa maju selangkah, dari partai manapun dia”.

“Elektabilitas parpol dalam memperebutkan kursi legislatif DPRD Kotamobagu tergantung dari kekuatan line up caleg masing-masing Parpol. Dalam kurun waktu yang tersisa hanya tinggal 35 Hari menuju pemilu legislatif, parpol harus lebih intens memberi penguatan strategi kepada masing-masing caleg agar mampu memperoleh suara partai yang maksimal. Kerja nyata dari figur dalam line up caleg parpol menentukan jumlah kursi yang mampu direbut oleh partai politik. Partai Golkar sebagai salah satu partai besar di Kota Kotamobagu tentunya sudah menyiapkan strategi penguatan terbaik untuk seluruh caleg agar maksimal dalam perebutan kursi legislatif dan optimis mampu mendapatkan kursi legislatif sesuai dengan target pencapaian”, ungkap Indah Cipta Kusumawardhani Gobel, Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Kotamobagu.

“PKS Kotamobagu sangat optimis bisa meraih hasil yg positif dipemilu legislatif tahun 2019 ini, yaitu dengan menargetkan mendapat 1 fraksi yaitu 3 kursi di DPRD Kotamobagu.

Sebab hari demi hari kami terus bergerak memberikan semangat kepada seluruh caleg agar terus bersilaturrahim dengan masyarakat di Kotamobagu sehingga kami sangat optimis dengan hasil survei kami lakukan dilapangan itu sangat menggembirakan, meski demikian kami tetap saling mendorong dan saling mengingatkan agar seluruh kader dan caleg PKS memperbnyak berdoa dan memperkuat hubungan dgn Allah SWT agar kemenangan  bisa kita raih dengan penuh berkah. Ayo lebih baik,” ungkap Andy Paputungan, Sekretaris DPC PKS Kotamobagu.

Menurut Mohammad Novel Damopolii, Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilu (KAPPU) yang juga Wakil Ketua 1  Partai Bulan Bintang (PBB) DPC Kotamobagu mengatakan:” Kondisi politik yang menyisakan 35 hari lagi, pertarungan di setiap dapil akan sangat ketat, beberapa wajah baru akan mengisi Kursi DPRD Kotamobagu.

Disamping itu Novel juga mengharapkan agar Pemilu kali ini berjalan sukses, aman dan damai.

Sekretaris DPC Hanura Kotamobagu,Teny Pudul mengungkapkan harapan : “Hanura nda muluk-muluk, biar 3 dapil ada perwakilan target DB  7 dan 8,  amin, sukses, bangkit jaya, menang.

Sekretaris DPC Gerindra mengatakan :” Harus diakui peta Politik di Kota Kotamobagu sangat dinamis. Tentu saja semua peserta pemilu memiliki strategi masing-masing untuk menarik simpatisan. Dalam konteks ini Partai Gerindra memiliki strategi jitu untuk mendapat simpatik masyarakat pemilih untuk dapat mencapai target 5 kursi.

Target ini tentu saja bukanlah sesuatu yg tidak mungkin sebab 80% caleg terus memaksimalkan kinerja untuk mencapai apa yang sudah ditargetkan.

Prinsip menanam benih merawat dengan baik pasti menghasilkan buah yang baik. Salam Indonesia Raya”.

  • 77
    Shares
Editor
Irwansyah
Topik Berita

Baca Juga