‘A Private War’ Film Seorang Jurnalis dalam Perang

Abadikini.com – Melalui film biografi, penonton diajak untuk ikut menyaksikan dan merasakan kehidupan yang dialami oleh seseorang. Demikian halnya dengan film ‘A Private War’ garapan sutradara Matthew Heineman.

Memadukan genre drama dan biografi, film tersebut diangkat dari sebuah artikel berjudul ‘Marie Colvin’s Private War’ yang tayang pada 2012 lalu di Vanity Vair. ‘A Private War’ memuat kisah tentang Marie Colvin (Rosamund Pike), seorang jurnalis dari The Sunday Times.

Barangkali ‘The Post’ akan melintas di benak kala membayangkan film tentang jurnalis. Namun, apa yang disajikan dalam ‘A Private War’ tentu berbeda dengan film garapan sutradara Steven Spielberg tersebut.

Berdurasi 110 menit, ‘A Private War’ menampilkan bagaimana Colvin bekerja, memburu dan mengulik kisah di medan perang untuk diberitakan.

Film dimulai dengan perjalanan Colvin di Sri Lanka pada 2001. Ketika sedang mencari pasukan Tamil Tigers, ia diserang oleh tentara Sri Lanka sehingga kehilangan salah satu matanya.

Colvin kemudian dikenal sebagai perempuan yang selalu memakai penutup mata layaknya bajak laut. Hanya punya satu mata tak membuatnya hilang semangatnya untuk meliput ke daerah-daerah konflik.

Sering meliput ke daerah berbahaya membuat Colvin melihat dan mengalami berbagai peristiwa yang membuat mentalnya terguncang. Ia kemudian didiagnosis menderita post traumatic stress disorder atau PTSD. Gangguan stres pascatrauma tersebut pun menciptakan mimpi buruk pada tiap tidurnya.

Meski demikian, tetap bertekad untuk menjalankan tugasnya dengan baik sebagai jurnalis di medan perang. Upayanya tak sia-sia. Colvin berhasil mendapatkan penghargaan berkat tulisannya.

Akting Rosamund Pike sebagai Marie Colvin patut diacungi jempol. Tak heran ketika ia berhasil dinominasikan dalam kategori ‘Best Performance By An Actress in a Motion Picture – Drama’ di Golden Globe Awards.

‘A Private War’ menampilkan pula Jamie Dornan, bintang film ’Fifty Shades of Grey’, sebagai seorang fotografer bernama Paul Conroy.

Pada awal film, alur maju-mundur yang disajikan mungkin akan sedikit membingungkan. Hanya saja, hal tersebut tak akan mengganggu ketika cerita telah bergulir.

Film ‘A Private War’ telah dapat ditonton di bioskop-bioskop Tanah Air.

Editor
Selly Pratiwi
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker