Seperti Apa Sih Perkembangan Payudara Anak Remaja? Berikut Penjelasannya

Abadikini.com – Selain datangnya menstruasi, tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan selama masa remaja. Perubahan yang paling menonjol adalah terjadi pertumbuhan dan perkembangan payudara pada anak remaja. Sering kali para anak remaja ini bingung apa yang terjadi saat payudara tumbuh. Beberapa remaja putri merasakan sakit ketika payudara tumbuh. Hal ini wajar terjadi karena terjadi pelepasan hormon estrogen dan progesteron saat pubertas. Berikut ini tahapan perkembangan payudara pada anak remaja yang perlu diketahui untuk memahaminya.

  1. Tahap 1 (kurang dari 10 tahun)

Nah, pada periode ini anak berkembang di semua bidang atau bagian tubuh, namun perkembangan payudara belum terlihat. Namun yang terjadi adalah hanya areola kecoklatan di mana suatu hari nanti payudara dan puting berkembang sepenuhnya.

  1. Tahap 2 (usia 8-13 tahun)

Ada beberapa sudut pandang yang sedikit berbeda untuk usia pertumbuhan payudara anak remaja di mana tahap ini dimulai. Beberapa orang-orang yang mengatakan bahwa pertumbuhan payudara anak remaja dimulai pada usia sembilan tahun. Dalam tahap ini kuncup payudara kecil akan mulai berkembang dan persiapan untuk pertumbuhan saluran.

  1. Tahap 3 (12-14 tahun)

Pada tahap ini kuncup payudara pada anak remaja mulai membesar. Beberapa anak mungkin akan timbul rasa sakit atau ketidaknyamanan pada bagian dada. Hal ini wajar karena ketika payudara wanita mulai tumbuh, ada beberapa tanda-tanda yang masih bisa dirasakan dan dilihat seperti benjolan yang cukup terasa di bawah puting susu, area dada terasa lebih lunak terutama di sekitar bagian masing-masing puting dan gatal di sekitar puting susu atau di sekitar area dada.

  1. Tahap 4 (12-15 tahun)

Pada tahap ini perkembangan payudara pada anak remaja akan membentuk gundukan dan secara bertahap membesar, dan akan muncul garis-garis merah muda di payudara. Namun ini hanya tanda sementara dan akan memudar seiring dengan waktu. Selain itu rasa yang tidak nyaman ini akan berlalu dalam waktu sekitar satu tahun atau lebih.

  1. Tahap 5 (14-18 tahun)

Nah, ini adalah tahap terakhir di mana payudara menjadi lebih matang dan berbentuk bulat penuh. Pada saat ini anak remaja mulai tahu dan sudah bisa menentukan berapa ukuran bra yang akan ia gunakan. Seiring waktu ukuran payudara akan meningkat dengan adanya kehamilan dan berat badan. Selain itu jika tubuh wanita kelebihan berat badan, maka pada saat penurunan berat badan yang drastis tentu saja akan mengurangi jumlah lemak di payudara dan ukuran bra akan berkurang.

Itulah penjelasan tahapan perkembangan anak perempuan, khususnya pada payudara. Semoga bermanfaat.

Editor
Nabila Sarah
Sumber Berita
moms

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker