MA Tolak Permohonan Kasasi HTI

Abadikini.com, JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dengan demikian, organisasi yang menyuarakan sistem khilafah itu tidak boleh lagi berkegiatan di seluruh wilayah Indonesia.

Perkara bernomor register 27 K/TUN/2019 itu telah diputus oleh majelis kasasi MA, Kamis 914/2). “Hakim menolak kasasi HTI,” ujar Ketua Bidang Humas MA Abdullah, Jumat (15/2).

Majelis kasasi yang menyidangkan perkara itu diketuai oleh Supandi. Adapun anggota majelisnya adalah Agung Is Sudaryono dan HM Harry Djatmiko.

Abdullah menuturkan, putusan kasasi tersebut secara langsung menguatkan vonis Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. “Secara langsung putusan kasasi menguatkan putusan PTUN dan putusan PT DKI,” jelasnya.

Gugatan HTI bermula ketika Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membubarkan HTI pada 2017. Pembubarannya merujuk pada Undang-undang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Pemerintah menganggap HTI tidak sejalan dengan Pancasila. Namun, HTI menggugat keputusan Kemenkumham ke PTUN Jakarta.

Pada 7 Mei 2018, PTUN Jakarta menolak gugatan HTI. Selanjutnya, HTI mengajukan banding ke PT DKI.

Lagi-lagi, PT DKI menolak gugatan HTI pada September 2018. Hingga akhirnya HTI mengajukan permohonan kasasi dan ditolak MA.

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker