Payudara Keluarkan Susu Bisakah Terjadi Tanpa Hamil?

Abadikini.com, JAKARTA – Normalnya, air susu keluar setelah kamu mengalami kehamilan sebelumnya. Laktasi terjadi saat hormon mengaktifkan kelenjar susu yang kemudian menghasilkan susu untuk memberi makan bayi yang baru lahir.

Namun, bagaimana kalau laktasi atau keluarnya air susu terjadi pada wanita yang belum pernah hamil sebelumnya. Bisakah hal tersebut terjadi?

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, kondisi ini dinamakan dengan galaktorea dan sebagian kecil wanita di dunia mengalaminya.

Gejala galaktorea dimulai dengan pembesaran jaringan payudara, sakit kepala, mual, menurunnya libido seksual, siklus menstruasi yang tidak teratur, hingga jerawatan yang kemudian berakhir dengan keluarnya air susu.

Galaktorea sendiri disebabkan karena masalah hormonal, kondisi kesehatan tertentu, tumor, maupun stimulasi yang berlebih di puting susu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi galaktorea?

“Karena sebagian besar kasus galaktorea disebabkan ketidakseimbangan hormon, maka terapi hormon wajib untuk dilakukan. Terapi ini mampu menghentikan produksi air susu setelah tahap menyusui pertama dilakukan.”

Galaktorea sendiri bukanlah gangguan kesehatan yang berbahaya. Oleh karena itu jangan panik saat kamu sendiri mengalaminya.

Editor
Nabila Sarah
Sumber Berita
merdeka health

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker