Raih Penghargaan Menpan RB, Yuslih Ihza: Mari kita Syukuri Keberhasilan atas Kerja Keras Pemkab dan Masyarakat Beltim

Abadikini.com, MANGGAR –  Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menerima Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kemenpan-RB, Syafruddin kepada Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, di Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/1/2019) Lalu.

Ditemui Diskominfo Beltim di ruang kerjanya, Rabu (6/2/2019) Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Suzana Linggawati mengemukakan perolehan nilai SAKIP Pemkab Beltim tahun 2018 lalu mengalami peningkatan. Tahun 2017 lalu hanya mampu memproleh predikat penilaian CC, sedangkan tahun 2018 meningkat menjadi B.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri KemenPAN-RB, Syafruddin kepada Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, di Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/1/2019) Lalu.

Evalusi ditujukan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban kinerja pemerintah dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang dalam melaksanakan sasaran program dan kegiatan berorientasi kepada hasil (outcome) serta lebih mengutamakan program yang mendukung visi misi kepala daerah dengan memprioritaskan kepada pemberdayaan masyarakat.

“Hasil evaluasi tahun ini kita memperoleh nilai 63,47 atau predikat penilaian B, tahun sebelumnya CC dengan nilai 57,77. Evaluasi itu merupakan penilaian Tim evaluator dari Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung atas nama KemenPAN-RB,” ungkap Susi sapaan akrab Suzana.

Adanya peningkatan penilaian, menurut Susi lantaran program kerja OPD di Pemkab Beltim sudah jauh lebih baik dan sesuai dengan tujuan dan visi misi Kepala Daerah. Kekurangannya, OPD harus lebih mengutamakan program pemberdayaan masyarakat yang mendukung visi misi kepala daerah.

“Sekarang kinerja kita sudah on the track, atau apa yang diminta itu yang dikerjakan. Tinggal ke depannya kita utamakan program yang berampak pada hasil (outcome) dan program berbasis pemberdayaan masyarakat,” ulas Susi.

Terpisah Bupati Beltim, Yuslih Ihza mengucap syukur atas penghargaan yang diterima. Ia mengatakan pencapaian merupakan kerja keras OPD dan dukungan seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah tahun 2019 ini merupakan hari jadi ke 16 Kabupaten Beltim dan juga masa 3 tahun kepemimpinan kami. Mari kita syukuri keberhasilan atas kerja keras Pemkab Beltim dan dukungan seluruh lapisan masyarakat,” kata Yuslih.

Ditambahkannya prestasi pencapaian nilai yang diperoleh merupakan yang pertama kalinya diperoleh oleh Kabupaten Beltim. Mengingat tahun-tahun sebelumnya Pemkab Beltim hanya mampu memperoleh C atau CC.

“Kalau dari 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung masih ada satu kabupaten yang mendapat predikat CC. Meski begitu harapan saya tahun depan harus lebih ditingkatkan, dan minta agar seluruh OPD lebih keras bekerja untuk meningkatkan kinerja,” tutup Yuslih.

Pada penyerahan beberapa waktu lalu hanya Pemkab Bangka Tengah yang berhasil memperoleh nilai BB di atas Pemkab Beltim. Sedangkan Pemprov Babel juga memperoleh nilai B.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri KemenPAN-RB, Syafruddin kepada Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, di Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/1/2019) Lalu.

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker