Ini Alasan Ilmiah Pria Sangat Tertarik dengan Buah Dada Wanita

Abadikini.com, JAKARTA – Payudara, di situlah produksi ASI yang dibutuhkan si kecil. Di sisi lain, payudara wanita menarik perhatian pria.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan neuroscientist Larry Young, evolusi manusia telah menyebabkan sirkuit saraf yang bekerja pada baris yang sama antara pasangan sebagai seorang ibu dan anaknya.

Pada dasarnya, keduanya menggunakan sirkuit otak yang fungsinya sangat mirip. Sama seperti ketika bayi menyukai payudara. Demikian halnya dengan para pria, telah berevolusi untuk menyukai payudara.

Atau dengan kata lain, ini awal mula mengapa pria terobsesi dengan payudara perempuan.

Ketika seorang perempuan melahirkan, bayinya akan terlibat dalam beberapa manipulasi yang cukup rumit pada payudara ibunya.

Stimulasi ini mengirimkan sinyal di sepanjang saraf dan ke otak. Nah, sinyal inilah yang memicu pelepasan neurokimia oksitosin dari hipotalamus otak.

Pelepasan oksitosin ini pada akhirnya merangsang otot-otot halus di payudara perempuan untuk mengeluarkan susu, membuatnya selalu tersedia untuk perawatan bayi.

Tapi pelepasan oksitosin ini juga memiliki efek lain. Ketika dikeluarkan, perhatian ibu berfokus pada bayinya. Bayi menjadi hal yang paling penting di dunia.

Oksitosin, bersama dopamin, membantu menanamkan pada bayi yang baru lahir, wajah, bau, dan suara ibu, membuat perawatan dan pengalaman merasa-baik, memotivasinya untuk terus menempa ikatan ibu-bayi.

Ikatan inilah yang paling indah dari semua ikatan sosial, juga paling abadi, langgeng seumur hidup.

Ketika pasangan menyentuh, memijat, atau mengulum puting payudara, itu memicu serangkaian peristiwa yang sama pada otak sebagai perawatan.

Oksitosin memfokuskan perhatian otak untuk wajah, bau, dan suara pasangan. Ini yang lagi-lagi menjelaskan, mengapa pria suka payudara perempuan.

Kombinasi pelepasan oksitosin dari stimulasi payudara, dan lonjakan dopamin dari pusat foreplay dan tatap muka seks, membantu menciptakan sebuah paduan wajah pasangan dan mata dengan perasaan yang menyenangkan, membangun ikatan dalam otak perempuan.

Stimulasi puting memengaruhi bagian yang sama dari otak sebagai rangsangan vagina.

Jadi bisa dikatakan bahwa neurokimia oksitosin dikeluarkan saat menyusui bisa menyebabkan gairah seksual pada perempuan, membuatnya fokus pada pasangannya selama hubungan seksual.

Secara sederhana, stimulasi payudara memudahkan seorang pria mengubah kondisi yang dirasakan oleh perempuan.

Jadi, inilah menyebabkan evolusi manusia sehingga secara naluriah pria menyukai payudara.

Editor
Selly Pratiwi
Sumber Berita
tribunn

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker