TKN: Dukungan Partai Bulan Bintang Perkuat Suara Jokowi-Ma’ruf di Sumbar

Abadikini.com, BANYUWANGI – Tim Kampanye Nasional (TKN) pememanangan pasangam Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengapresiasi dukungan yang diberikan Partai Bulan Bintang (PBB). TKN mengatakan, dukungan PBB akan membantu menyokong suara calon presiden (capres) pejawat di Sumatera Barat.

“Dukungan dari PBB itu kuat di Sumatera Barat kuat di Bengkulu dan Aceh,” kata Sekretaris TKN Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Hasto Ktistiyanto di sela-sela safari kebangsaan di Banyuwangi, Senin (28/1/2019).

Hasto mengatakan, dukungan yang diberikan partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu memberikan dampak elektoral bagi Jokowi-Ma’ruf terutama di tiga daerah tersebut. Selain Bengkulu, Jokowi diketahui mengalami kekalahan perolehan suara di Sumatera Barat dan Aceh pada pemilu 2014 lalu.

Pada pemilu 2014, suara Jokowi-Jusuf Kalla tergerus di Sumatera Barat. Keduanya hanya mengantongi 23,08 persen suara. Angka tersebut tertinggal jauh dari pasangan Prabowo-Hatta Rajasa yang mendulang 76,92 persen suara.

Kekalahan juga diderita Jokowi di Aceh dengan koleksi 45,61 persen suara berbanding 54,39 persen bagi kemenangan lawan. Jokowi hanya meraih kemenangan tipis di Bengkulu dengan total 54,73 persen suara berbanding 45,27 persen.

“Dukungan PBB itu Enerji positif, karena tujuan penggalangan adalah untuk mendapatkan dukungan,” kata Sekretaris Jendral Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Dukungan yang diberikan partai besutan Yusril Ihza Mahendra kepada calon presiden (capres) pejawat itu diputuskan setelah rapat pleno pada Jumat (18/1/2019) lalu. Sekretaris Jendral PBB Ferry Noer mengatakan, keputusan untuk mendukung paslon 01 diambil di tengah perdebatan dalam rapat pleno.

Dia juga menegaskan ke depan harus solid. PBB yang selama kubu mendukung pasangan capres 02 Prabowo-Sandi mau tidak harus menerima keputusan partai. “Hasil rapatnya adalah adanya dukungan, sudah menentukan arah. Sudah disepakati mendukung Pak Jokowi atau ke-01,” kata Ferry.

Editor
Muhammad Irwan
Sumber Berita
Republika

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker