Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Saat ini 430 Orang

Abadikini.com – Proses evakuasi korban bencana tsunami di wilayah pesisir Selat Sunda sudah memasuki hari keempat. Jumlah korban pun terus bertambah, seiring proses masih berlanjut.

Data terkini yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Rabu (26/12/2018) per pukul 13.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia mencapai 430 jiwa.

Kata Sutopo, korban meninggal dunia juga tidak hanya ditemukan di darat namun juga ditemukan di perairan Selat Sunda yang ditemukan oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) saat melakukan evakuasi.

“1495 orang mengalami luka-luka, 159 hilang dan 21.991 pengungsi,” tambah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Dampak gelombang tsunami yang melanda beberapa wilayah yakni Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang, dan di pantai selatan Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran.

Sutopo juga mengatakan, tsunami ini telah menyebabkan kerusakan bangunan dan materiil lainnya seperti rumah sebanyak 924 unit, penginapan 73 unit, warung 60 unit, 434 kapal.

“Kendaraan roda empat 24 unit, roda dua 41 unit, 1 dermaga dan 1 shelter,” demikian Sutopo. (ak/rmol)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker