Tinjau Jembatan Ambruk, Irwan Prayitno ingatkan Bupati dan Walikota agar Cek Hulu Sungai 6 Bulan Sekali

Abadikini.com, PADANG – Begitu mendarat di Padang setelah melakukan tugas dari Jakarta, Sabtu sore (03/11/2018), Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno yang didampingi Kadis PU Fathol Bari, Kadis PSDA Rifda Suriani, Kalaksa Penanggulangan Bencana Sumbar Rahman dan Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar langsung menuju lokasi ambruknya jembatan yang sedang dibangun di Batang Arau Lubuak Sariak Nagari Lubuak Kilangan Kota Padang.

Setiba dilokasi Gubernur Irwan disambut oleh Ka BPBD Kota Padang Edy Hasymi serta SKPD terkait Kota Padang, Camat dan pemuka masyarakat setempat.

Setelah meninjau lokasi bencana, Irwan langsung menginstruksikan SKPD terkait dari Pemprov Sumbar untuk melakukan segala sesuatu yang dianggap perlu. Baik perbaikan infrastruktur maupun kebutuhan masyarakat sekitar terdampak banjir.

Irwan Prayitno kembali mengingatkan bahwa pemerintah daerah kabupaten dan kota agar rutin minimal sekali enam bulan mencek kondisi hulu sungai. Bukan hanya untuk kota Padang, namun juga daerah yang punya sungai dan potensial banjir.

“Saya berulangkali katakan, kiranya Bupati dan Walikota minimal sekali 6 bulan cek hulu sungai. Karena dihulu sungai saat tidak musim hujan terjadi penumpukkan material kayu. Saat hujan turun terjadi pengumpulan air dimaterial kayu. Begitu debit air sudah penuh, akhirnya air mengucur deras. Inilah penyebab banjir bandang yang membahayakan apapun yang ada di hilir sungai. Kalau dicek, kan bisa hulu sungai dibersihkan dari material, walaupun hujan lebat namun tidak akan membahayakan masyarakat karena arus sungai tidak terlalu banyak membawa material kayu-kayuan.” ungkap Irwan.

Lebih lanjut Irwan menegaskan “Dengan mengecek rutin ke hulu sungai, juga akan mengetahui apakah ada illegal logging atau illegal meaning. Ini yang perlu diwaspadai sebagai penyebab rendahnya serapan air dan banyaknya material kayu-kayuan di hulu sungai”.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Komisaris Semen Padang Khairul Jasmi (KJ) yang didampingi Humas SP Anita. KJ atas nama Semen Padang berjanji segera akan memperbaiki jembatan gantung yang putus itu mulai besok (04/11/2018). Sementara BNI juga mengucurkan dana Rp50 juta untuk masyarakat sekitar yang terdampak banjir.

(zul.ak/hms sumbar)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker