Hadiri Istighotsah, Ma’ruf Amin Singgung Tantangan Santri Milenial

Abadikini.com, SIDOARJO – Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengajak muslim menjadikan Hari Santri Nasional sebagai inspirasi, untuk menyiapkan diri dalam menjaga negara, agama, dan aswaja.

Hal itu dikataknya saat menghadiri kegiatan Istigosah Kubro dan perinagtan hari santri nasional 2018 yang digelar di GOR Delta Sidoarjo (28/10/2018).

Mantan rais am PBNU itu juga menyinggung tantangan santri milenial. menurutnya santri milenial juga harus bisa menguasai segala bidang tidak saja ilmu agama tapi juga ilmu ekonomi, sosial, budaya dan teknologi.

“Tak hanya bisa membaca huruf Alquran, kitab, santri harus bisa membaca huruf Allah dalam tatanan kehidupan. Baik itu ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya,” tegasnya.

Istighotsah yang dihelat untuk merayakan Hari Santri Nasional itu diikuti perwakilan 42 PC NU se-Jatim, kader-simpatisan badan otonom (banom) NU, serta para santri dari berbagai daerah. Mereka memenuhi tribun, lapangan, hingga area lain di kompleks Gelora Delta.

Para ulama, tokoh, serta sejumlah pejabat juga hadir dalam acara tersebut. Dari PW NU Jatim, ada Rais Syuriah KH Anwar Mansyur dan Ketua Tanfidziyah KH Marzuki Mustamar. Juga, jajaran syuriah lainnya. Antara lain, KH Agoes Ali Masyhuri, KH Kholil Asad, KH Nurul Huda Jazuli, KH Abdul Matib, KH Ubaidillah Faqih, dan KH Abdullah Kafabihi. Dari PB NU, hadir mantan rais am yang kini menjadi mustasyar, KH Ma’ruf Amin.

Sejumlah pejabat dan tokoh negara juga hadir. Ada wakil ketua MPR yang juga Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, perwakilan Forpimda Jatim, serta sejumlah kepala daerah. Kegiatan itu juga diikuti ilmuwan sekaligus aktivis perdamaian dari Palestina Mohammed Dajani.

Acara dibuka dengan salawatan yang dipimpin secara bergiliran oleh para kiai syuriah PW NU. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh para ulama sepuh. Mohammed Dajani juga diminta ikut memimpin doa. (ak.jpg)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker