Gaduh Pembakaran Bendera di Garut, GP Ansor Minta Maaf Kepada Masyarakat

Abadikini.com, JAKARTA – Ketum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan insiden pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid oleh Barisan Serbaguna (Banser) di Garut itu spontanitas.

“Spontan itu, itu murni spontan,” kata Yaqut saat ditemui di kantor Pusat Pengurus GP Ansor di Jakarta Pusat, Rabu, (24/10/2018).

Dia menjelaskan, dari pengakuan tiga orang yang diduga membakar bendera tersebut, kata Yaqut, aksi tersebut memang spontan saat ada orang yang mengibarkan bendera yang dianggap bendera HTI itu dalam peringatan Hari Santri Nasional 2018.

Pembakaran bendera itu terjadi saat perayaan Hari Santri Nasional di Lapang Alun-alun Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada 22 Oktober lalu. Video yang beredar dengan durasi 02.05 menit itu memperlihatkan ada seorang anggota berbaju Banser yang membakar bendera berwarna hitam bertuliskan kalimat tauhid.

Yaqut mengatakan tidak ada provokasi atau dorongan untuk membakar saat Banser melihat ada atribut yang dianggap milik HTI tersebut. “Tidak ada dorongan itu murni spontanitas,” ujarnya dikutip dari tempo.

Menurut Yaqut, dalam kegiatan tersebut sudah disepakati untuk tidak boleh mengibarkan bendera selain bendera merah putih. Namun di tengah kegiatan, kata dia, ada orang yang mengibarkan bendera hitam bertuliskan tauhid tersebut.

GP Ansor pun akan memberikan peringatan kepada Banser tersebut karena sudah menimbulkan kegaduhan publik. Yaqut menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat, mewakili kepengurusan GP Ansor dan Banser NU, atas terjadinya kegaduhan publik akibat pembakaran. (ak.tempo)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker