Bahu NasDem Laporkan Rizal Ramli ke Polisi, 720 Pengacara Peradi Pasang Badan

Abadikini.com, JAKARTA – Sebanyak 720 advokat telah bergabung untuk membela mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, yang telah dilaporkan ke kepolisian.

“720 orang itu betul-betul kami catat, bukan asal ngomong ada suratnya,” ujar kuasa hukum Rizal Ramli, Otto Hasibuan di Grand Slipi, Jakarta Barat, Senin, (17/9/2018).

Bergabungnya para pengacara itu menunjukkan bahwa mereka tidak main-main dan ingin membela para petani baik petani tebu, bawang dan juga padi. “Kami ingin membela petani melalui pembelaan Rizal Ramli,” ujarnya.

Menurut dia, pengacara yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) siap untuk membela dan jumlahnya akan makin bertambah.

Rizal Ramli pun berterima kasih kepada banyaknya advokat yang akan membela dirinya dalam masalah ini. “720 secara gratisan mau membela kami,” ujarnya.

Rizal menuturkan, para pengacara yang bergabung itu dari berbagai daerah di Indoensia di antaranya, Ambon, Banjarmasin, Jawa Tengah, Jawa Timur. “Datang ke sini dengan biaya sendiri saya sampai merinding,” katanya.

Mantan Menteri Koodinator bidang Perekonomian, Rizal Ramli dilaporkan ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik dan atau fitnah dan atau Tindak Pidana Bidang Informasi dan Transaksi Elektronik, terhadap Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh.

Dia dilaporkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (DPP Partai Nasdem). Pelaporan itu menyusul pernyataan Rizal dalam program ‘Sapa Indonesia Malam’ di Kompas TV tanggal 4 September 2018 dan program ‘Indonesia Business Forum’ di tvOne tanggal 6 September 2018.

Saat itu Rizal diduga melakukan pencemaran nama baik dan fitnah kepada Surya Paloh.

“Melaporkan Rizal Ramli ke Polda Metro Jaya atas dugaan penghinaan, pencemaran nama baik dan fitnah sebagaimana dimaksud Pasal 310 ayat (1) dan 311 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP),” kata Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) DPP Partai Nasdem Taufik Basari di Markas Polda Metro Jaya, Senin, 17 September 2018. (RN.ak/viva)

Baca Juga

Back to top button