Tingkatkan Ekonomi Petani, Bupati Dharmasraya Kembangkan Budidaya Ikan Sistem Mina Padi

Abadikini.com, DHARMASRAYA – Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi kembangkan budidaya ikan sistem mina padi. Hal itu ditandai dengan penaburan bibit Ikan di lahan persawahan seluas 10 hektar oleh Bupati Sutan Riska di Bukit Mindawa, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Senin (11/9/2018) lalu.

Pelaksanaan budidaya ikan bersama padi itu merupakan bagian dari upaya pemerintahan Bupati Sutan Riska dalam menggairahkan perekonomian daerah. Para petani yang sudah eksis dalam usaha budidaya padi di sawah, kini mereka difasilitasi untuk membudidayakan ikan di sela sela tanaman padi. Dengan demikian para petani diharapkan tidak hanya panen padi tetapi juga panen ikan. Sehingga keuntungan petani akan menjadi berlipat lipat.

“Melalui usaha mina padi, petani tidak hanya dapat padi, kini mereka juga dapat ikan. Padi dapat ikan pun dapat,” kata Bupati lewat rilisnya kepada Abadikini.com, Rabu (12/9/2018).

Bupati Sutan menjelaskan, program mina padi di Kabupaten Dharmasraya ini merupakan buah kerjasama antara Pemkab Dharmasraya dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam, Provinsi Jambi.

“UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan itu menjamin pelaksanaan transfer teknologi dengan membantu bibit, pakan, pagar dan biaya pembuatan caren. Sementara Pemkab Dharmasraya bertindak sebagai pembimbing, sekaligus pengawas pelaksanaan transfer teknologi minapadi kepada masyarakat,” jelasnya.

Bupati penerima Satya Lencana Pembangunan itu minta agar program pengembangan minapadi tahun depan diperluas dengan sasaran petani yang menggarap sawah di areal irigssi Batanghari.

“Tahun ini ada mantenence irigasi batanghari. Akibatnya air irigasi tidak mengalir. Tahun depan dharapkan irigasi lancar, petani bisa melaksanakan program minapadi dengan baik, sepaya pendapatannya juga membaik,” pungkas Bupati termuda di Indonesia ini. (Risko/Budi)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker