Masyarakat di Bari Manggrai Barat Temukan Komodo

Abadikini.com, MANGGARAI BARAT – Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Budhy Kurniawan, menyampaikan bahwa yang ditemukan oleh warga di Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), adalah benar merupakan komodo.

Petugasnya kata dia sedang berada di Bari, berkaitan dengan informasi penemuan Komodo itu.

Dia menjelaskan, walaupun secara morfologi agak berbeda namun binatang Komodo juga kata dia terdapat di Pulau Flores.

“Habitat komodo tidak hanya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Di daratan Flores juga ada walaupun secara morfologi agak berbeda. Sehingga sudah seharusnya mendapatkan perhatian untuk upaya pelestariannya,” kata Budhy, saat dikonfirmasi Minggu (22/7/2018).

Sebelumnya diberitakan, sekor komodo seberat 40 kg, panjang 2 meter 34 centi, ditemukan warga di Pantai Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Istimewa

Kepala Desa Bari Ali Ismail, kepada POS–KUPANG.COM, Minggu (22/7/2018) menyampaikan bahwa komodo tersebut ditemukan pada Hari Sabtu (21/7/2018) jam 10.00 Wita.

“Masyarakat menemukan komodo itu di pantai. Banyak masyarakat yang menyaksikannya. Komodo itu akhirnya ditangkap untuk memastikan apakah itu benar-benar komodo atau tidak,” kata Ali saat dihubungi lewat ponselnya, Minggu siang.

Pada Minggu siang itu kata dia, sejumlah komponen terkait datang ke Bari, seperti petugas Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Dinas Pariwisata, kepolisian, TNI, BKSDA, Camat dan beberapa pihak lainnya.

“Setelah disaksikan langsung ternyata binatang itu benar-benar komodo. Kami secara bersama-sama sudah melepaskan kembali komodo itu,” tutur Ali.
Menurutnya, sebagian besar warga tak menduga kalau binatang itu benar-benar komodo.

Istimewa

Pelepasan komodo tersebut berlangsung sekitar jam 11.30 Wita Hari Minggu itu.
Ali menyampaikan, kehadiran komodo di Bari mulai terlihat dalam dua tahun terakhir.

“Kadang-kadang kami lihat komodo di pantai, kadang-kadang di gunung dekat pantai,” kata Ali.

Untuk diketahui, jarak dari Labuan Bajo ke Bari bila menggunakan mobil, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam. Bila menggunakan sepeda motor, sekitar 4 jam. Sedangkan kalau melewati jalur laut, antara 3 sampai 5 jam.(ak.poskupang)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker