Wow, “Komodo” Pun Ikut Ajang Miss Universe 2020

Abadikini.com, JAKARTA – National costume atau kostum nasional yang dikenakan oleh finalis Miss Universe 2020 asal Indonesia Ayu Maulida begitu memukau, kostum ini merupakan hasil rancangan kolaborasi antara Diana M Putri, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo.

Bertajuk “Komodo Dragon: an Indonesian Prehistoric Heritage”, Ayu membawakannya dalam babak National Costume Miss Universe yang berlangsung di Hard Rock Hotel, Florida, Amerika pada Kamis (13/5) waktu setempat.

Mengutip dari laman Instagram resmi Puteri Indonesia pada Sabtu (15/5/2021), kostum ini dirancang oleh Diana Putri dari Diana Couture. Dia memilih bahan sequin 3D berwarna hitam dan emas untuk gaunnya yang menyerupai kulit komodo, namun menciptakan kesan mewah, penuh teka-teki dan liar.

Efek 3D juga dapat ditemukan pada bagian dada dan ekor menggunakan kulit yang dipotong dengan laser dan diwarnai menggunakan metode khusus agar mirip dengan binatang purba tersebut.

“Semua manik-manik dikerjakan dengan tangan dan semua potongan logam dijahit tangan dengan rumit,” tulis keterangan resmi akun Puteri Indonesia.

Di sisi lain, Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design memilih tiga jenis logam berbeda yang digabungkan menjadi satu. Ketiga warna tersebut yaitu rustic gold, copper/bronze, dan black gold untuk menciptakan efek ombré pada gaun tersebut.

Sisik atau sirip komodo pada gaun menggunakan lebih 5.000 keping logam untuk menghasilkan kostum yang mewah.

Yang paling rumit adalah aspek mekatronika di mana headpiece buatan tangan berbentuk kepala komodo ini berhubungan dengan sistem robotik yang menggabungkan motor, sensorik & mikrokontroler.

Kalung dan sarung tangan juga dibuat bisa menyala dengan bantuan pengontrol LED.

Pengumuman pemenang Best National Costume sendiri akan dibacakan pada grand final Miss Universe 2020 yang berlangsung pada Minggu, 16 Mei 2021 malam atau Senin, 17 Mei 2021 waktu Indonesia. (Antara)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker