Prancis Ukir Sejarah Gelar Juara Piala Dunia Kedua Usai Kalahkan Kroasia 4-2

Abadikini.com, MOSKOW – Akhirnya Prancis mengukir sejarah sebagai juara Piala Dunia edisi 2018. Gelar juara ini menjadi yang kedua bagi Si Biru sepanjang sejarah Piala Dunia setelah mereka memperolehnya juara pada 1998 saat menjadi tuan rumah.

Gelar juara kali ini diperoleh Prancis usai mengalahkan Kroasia di partai final dengan skor 4-2. Pertandingan digelar di Luzhniki Stadium, Rusia, Minggu, (15/7/2018) malam WIB.

Laga antara kedua tim dimulai dengan dominasi Kroasia. Lima belas menit pertama pertandingan, bola lebih banyak bergulir di area permainan Prancis. Kondisi ini tak lepas dari strategi Kroasia yang tampak ingin langsung mengebrak sejak menit awal. Sebaliknya, kubu Prancis memilih membaca permainan terlebih dahulu dan lebih banyak menunggu.

Imbasnya, Kroasia unggul telak penguasaan bola hingga lebih dari 60% di lima belas menit awal babak pertama. Meski demikian, bukan berarti peluang banyak bermunculan. Serangan demi serangan yang dilancarkan hanya berbuah satu tendangan sudut untuk Modric dan kawan-kawannya.

Seperti memang telah direncanakan, lepas 15 menit pertama pertandingan, Prancis mulai keluar sarang untuk menyerang. Sial bagi Kroasia, serangan mematikan perdana dari Prancis ini langsung berbuah gol. Bola tendangan bebas Griezmann di menit ke-18 itu meluncur deras ke gawang kawalan Subasic. Bola yang terlebih dahulu menyentuh kepala Mandzukic tak mampu dijangkau sang kiper. Pengadil memutuskan bahwa ini merupakan gol bunuh diri. Skor 1-0 untuk Prancis.

Kroasia yang memang sejak awal menguasai pertandingan,hanya butuh waktu sepuluh menit untuk menyamakan kedudukan. Gol bermula dari tendangan keras Ivan Perisic di dalam kotak penalti Prancis. Bola tak mampu dijangkau Lloris. Kedudukan menjadi imbang 1-1 di menit ke-28.

Kondisi kembali sulit bagi Kroasia. Menit ke-36 wasit memberi hadiah penalti untuk Prancis. Ini dilakukan setelah VAR menunjukkan bahwa tangan Ivan Perisic menyentuh bola di area penalty sendiri.

Griezmann yang tampil sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas. Bola diarahkan ke sisi kiri, sementara kiper Kroasia bergerak kea rah sebaliknya. Prancis kembali unggul 2-1.

Gol penalty dari Griezmann menjadi angka terakhir yang tercipta di babak pertama. Sampai wasit meniup peluit tanda turun minum, skor tak berubah.

Babak kedua

Berbeda dengan paruh pertama pertandingan, Prancis langsung bermain terbuka sejak menit awal babak kedua. Praktis, pertarungan terbuka langsung tersaji. Kedua tim saling serang secara bergantian dengan tempo cepat.

Alih-alih mampu menyamakan kedudukan, Kroasia justru kian terpuruk di menit ke-59. Paul Pogba tampil sebagai aktornya. Sebuah bola muntah mampu dimanfaatkan oleh Pogba untuk menjadikan skor 3-1 bagi Prancis di menit ke-59.

Tak sampai di sana, Prancis makin menggila melalui Mbappe di menit ke-65. Tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Kroasia, Subasic. Kedudukan makin jauh, 4-1 untuk Prancis.

Di tengah keganasan lini tengah dan sektor penyerangan Prancis, sang kiper, Lloris justru melakukan blunder. Pada menit ke-69, dia gagal mengamankan umpan yang diterima sehingga mampu diblok Mandzukic. Bola masuk gawang Prancis. Selisih menipis jadi 4-2.

Gol yang bermula dari blunder kiper Prancis, membuat para pemain Kroasia menemukan lagi semangat untuk mengejar ketertinggalan. Namun meski skema menyerang terus diperagakan, tidak ada gol tambahan sampai wasit menyatakan pertandingan selesai. Skor tetap 4-2 untuk Prancis. Si Biru resmi menjadi juara di Piala Dunia 2018.

Susunan pemain

Prancis: Lloris (PG), Varane, Umtiti, Hernandez, Pavard, Kante, Pogba, Mbappe, Griesmann, Matuidi, Giroud

Kroasia: Subasic (PG), Lovren, Vida, Vrasaljko, Strinic, Brozovic, Rakitic, Modric, Rebic, Perisic, Mandzukic

(ak.pr)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button