Tanggapan Aa Gym dan Bachtiar Nasir soal TGB Dukung Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Tokoh agama Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) belum bisa memberikan penilaian terhadap dukungan Politikus Partai Demokrat yang juga Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH. Zainul Majdi alias Tuan Guru Badjang kepada Presiden Jokowi di pilpres 2019.

“Saya belum menyimak (dukungan TGB ke Jokowi) lebih banyak ya,” kata Aa Gym di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (8/7).

Aa Gym pada hari ini berada satu panggung dengan TGB dalam acara Kajian Tauhid di Masjid Istiqlal. Meski berada dalam satu acara, Aa Gym mengaku tidak membicarakan persoalan tersebut.

Namun, dalam acara, Aa Gym sempat menyinggung banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepadanya terkait dukungan TGB ke Jokowi.

Lantas, Aa Gym mengingatkan bahwa berbeda pilihan politik merupakan hak masing-masing orang yang telah melalui berbagai pertimbangan.

Menurutnya, meski aktivitas politik dan agama tidak dapat dipisahkan namun Aa Gym meminta agar dalam berpolitik tidak merusak akidah, ukhuwah Islamiyyah dan ukhuwah wathaniyah.

“Saya tidak berani nilai kualitas iman dan Islam karena perbedaan ijtihad politik. Saya tidak mau berburuk sangka dan bermusuhan dan putuskan silaturahmi kepada saudara seiman yang berbeda pilihan. Semoga Allah membimbing kita untuk semakin bijak dalam berpolitik,” katanya.

Di sisi lain, Anggota Dewan Pembina Gerakan Pembela Fatwa (GNPF) Ulama, Bachtiar Nasir menghargai sikap TGB yang sudah memutuskan untuk mendukung Jokowi kembali memimpin di 2019.

“Kami hargai kepentingan politik beliau, saya yakin itu juga untuk kepentingan umat yang lebih besar. Tapi mungkin versi beliau. jadi mungkin kalau pun ada umat yang salah paham karena itulah yang menjadi kehendak ummat ini,” kata Bachtiar terpisah.

Sebelumnya, TGB memberikan sinyal untuk mendukung Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinannya hingga dua periode pemerintahan.

Politikus Demokrat itu mengatakan dukungan kepada Jokowi dilakukan setelah melalui pertimbangan yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat.

“Sangat pantas dan fair kita beri kesempatan Presiden Jokowi untuk terus melanjutkan dua periode dan menyelesaikan apa yang selama empat tahun ini sudah dimulai,” kata TGB saat berkunjung ke kantor redaksi CNN Indonesia, Jakarta, Rabu (4/7) lalu.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker