Kunyah Habis Manfaat Telur Rebus Bagi Kebugaran Tubuh

Olahan telur sepertinya telah menjadi menu utama bagi sebagian besar orang, baik di Indonesia maupun secara global. Penyajiannya yang mudah, serta kandungan gizi yang ditawarkan membuat telur selalu menjadi pilihan santapan setiap hari.

Baca Juga

Nah, dari berbagai macam olahan, telur rebus menjadi salah satu cara yang dianggap dapat memberikan kandungan gizi bagi Anda yang rutin mengonsumsinya, terutama bagi menu sarapan di pagi hari. Selain mengandung kalori yang tepat untuk aktivitas hingga siang hari, manfaat telur rebus juga dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh, lho.

Artinya, tidak hanya melulu soal protein, masih banyak manfaat telur rebus lainnya yang dapat Anda rasakan jika rutin dikonsumsi tiap hari. Mau tahu manfaat telur rebus lainnya?

  1. Mempertahankan kesehatan otak

Vitamin, mineral dan kolesterol baik yang terkandung dalam telur rebus bermanfaat bagi perkembangan otak. Organ yang terletak dalam tulang tengkorak ini membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut untuk mempertahankan fungsinya, termasuk bagi sistem saraf, memori dan metabolisme yang mengontrol semua sistem organ di dalam tubuh.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Bagi Anda yang belum tahu, berbagai jenis penyakit jantung dipicu oleh penumpukan asam amino bernama homocysteine. Nah, sebuah mineral bernama choline yang masih terjaga di dalam telur rebus terbukti mampu mengurai tumpukan tersebut sehingga penyakit jantung dapat dicegah.

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung dan kardiovaskuler, ada baiknya mulai rutin mengonsumsi telur rebus secara rutin, nih!

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Agar tidak mudah terserang penyakit, tentunya kita harus memiliki sistem imun yang kuat, kan? Nah, salah satu manfaat telur rebus ialah mempertahankan sistem kekebalan tubuh melalui vitamin A, vitamin B12 dan selenium yang terkandung di dalamnya.

  1. Menambah kekuatan otot

Telur memang identik dengan protein, terutama bagian putih telur. Nah, protein yang terkandung dalam putih telur mampu membuat otot menjalani fungsinya lebih baik. Ini lah mengapa para binaragawan selalu memasukkan putih telur yang telah direbus sebagai menu makanan mereka sehari-hari.

Bagi Anda yang sedang program pembentukan badan, jangan sampai melewatkan menu yang satu ini, ya. Tapi ingat, makan secara polos tanpa perlu ditambah garam, ya!

  1. Menyehatkan kehamilan

Fase kehamilan tentu menjadi masa-masa yang penting bagi seorang ibu karena harus menjaga kesehatan dan asupan nutrisi si bayi yang masih ada di dalam kandungan. Mengingat sang janin membutuhkan nutrisi untuk tumbuh secara normal, maka sang ibu harus mampu mencukupi kebutuhan tersebut dengan baik.

Menu telur rebus bisa jadi pengisi nutrisi yang dibutuhkan si calon bayi. Pasalnya, kandungan dalam makanan tersebut dapat menjaga perkembangan janin agar tetap sehat serta mampu memperkecil risiko lahir cacat, khususnya pada otak dan sumsum tulang belakang.

  1. Menajamkan penglihatan

Tahukah Anda, semakin bertambahnya usia, salah satu masalah kesehatan yang paling umum ditemui adalah masalah pada fungsi penglihatan yang disebabkan oleh degenerasi sel-sel yang terjadi dalam bola mata.

Nah, risiko ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi telur rebus karena kaya akan vitamin, lutein, dan zeaxanthin.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang salah kaprah dan mengira dengan mengonsumsi telur dapat menumpuk lemak dalam tubuh. Akhirnya, mereka yang sedang menjalani program menurunkan berat badan berusaha menjauhi olahan telur sebisa mungkin.

Nyatanya, penelitian membuktikan bahwa protein dalam telur rebus dapat membuat mereka merasa lebih kenyang dan berenergi lebih lama, lho! Dengan rasa kenyang yang lebih lama, otomatis dapat menekan kebiasaan Anda untuk mengemil, dan badan jadi terbentuk lebih ideal, deh!

Nah, itulah manfaat telur rebus yang bisa didapatkan jika Anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Jadi, jangan ragu untuk memasukan menu telur rebus dalam menu harian Anda, ya. Selamat mencoba!

Back to top button