Tidak Hanya Menghangatkan, Jahe Juga Memiliki Khasiat Lain Bagi Kesehatan Tubuh

Abadikini.com – Jahe memang sudah dikenal memiliki rasa hangat dan pedas yang khas. Itu sebabnya jahe banyak dimanfaatkan dalam menu masakan. Air rebusannya pun banyak dinikmati para turis yang pergi ke tempat dingin karena dipercya dapat menghangatkan tubuh.

Nah, tidak hanya nikmat disantap, jahe juga memiliki segudang khasiat yang berdampak bagi kesehatan tubuh, lho. mau tahu apa saja khasiat jahe bagi tubuh?

  1. Meringankan gejala mual dan pusing

Sering merasa mual dan pusing tiba-tiba? Jangan langsung minum obat! Cobalah untuk mengonsumsi sajian jahe terlebih dulu seperti wedang. Alasannya, jahe terbukti dapat memperlancar peredaran darah ke otak. Inilah yang dapat meredakan intensitas pusing serta mual yang dirasakan ketika pusing.

  1. Mengobati batuk dan pilek

Kita pasti sering menemukan permen pelancar dahak ekspektoran yang berbahan dasar jahe. Wajar saja, sebab bahan alami ini terbukti efektif dalam mengobati batuk dan pilek dengan cara memecah dan menghancurkan lendir agar mudah dibuang dari sistem pernafasan.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh penting demi metabolisme agar dapat menghadang serangan bakteri serta virus penyebab penyakit. Nah, dengan rutin mengonsumsi olahan jahe, kita dapat terbebas dari ancaman penyakit, mengingat jahe mengandung zat antioksidan yang terbukti ampuh dalam menangkal agen-agen radikal bebas.

  1. Melancarkan haid

Bagi kaum hawa yang sedang mencari cara melancarkan haid, air rebusan jahe dikenal dapat menjaga kestabilan kadar hormon dalam tubuh sehingga siklus menstruasi menjadi lancar. Bagi yang belum tahu, siklus menstruasi disebut lancar jika berlangsung setiap 21-35 hari, lho.

  1. Mengurangi gejala osteoarthritis

Bagi yang belum tahu, osteoarthritis merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan sendi terasa nyeri dan kaku pada beberapa bagian tubuh, seperti tangan, lutut, dan pinggul. Nah, kita bisa meringankan gejalanya dengan rutin mengonsumsi jahe, nih.

Ternyata jahe dapat menurunkan produksi zat kimia yang memicu peradangan pada sendi. Selain itu, jahe juga terbukti merangsang produksi asam salsilat yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata, senyawa yang terkandung di dalam jahe berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Karenanya, jangan malas untuk mengonsumsi makanan atau minuman berbahan dasar jahe, ya!

  1. Mengatasi nyeri dan memar

Senyawa anti-inflamasi yang terkandung di dalam jahe terbukti efektif untuk meredakan memar sekaligus meredakan rasa nyeri yang timbul. Ssst, senyawa ini juga membuat jahe jadi pilihan ideal untuk mengobati rematik, lho! Tertarik?

  1. Menurunkan berat badan

Nah bagi para wanita yang sedang risih dengan bentuk badan sendiri, coba deh rajin mengonsumsi jahe. Rutin mengonsumsi olahan jahe terbukti dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga suhu tubuh akan naik secara perlahan. Hal inilah yang membuat jahe ideal untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Itulah 8 manfaat jahe yang terbukti membawa dampak baik untuk kesehatan. Meskipun kaya manfaat, namun Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jahe secara berlebihan karena dapat memicu timbulnya diare, nyeri di ulu hati, serta perut yang terasa kembung dan tidak nyaman. Memang, segala yang berlebihan itu tidak baik, bukan?

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker