Lagi-lagi Situs KPU Error, Salah Tenderkah?

Situs resmi Komisi Pemilihan Umum, kpu.go.id, sempat terjadi error saat diakses ketika masyarakat akan memperoleh berbagai informasi penting soal pemilu 2014.

Sebelumnya, ketika kami mencoba untuk mengunjungi situs kpu.go.id sekitar pukul 10.25 WIB, situs itu masih belum bisa diakses dan peramban internet hanya berputar-putar. Padahal akses internet berjalan dengan baik. Pasalnya, situs tersebut tidak bisa diakses sejak Selasa malam. Di laman web-nya hanya muncul tampilan berwarna putih dengan tulisan yang menunjukkan database error.

A Database Error Occurred
Unable to connect to your database server using the provided settings.
Filename: /var/www/html/kpupusat2/application/third_party/MX/Loader.php
Line Number: 102

Belum diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan situs ini sulit untuk dikunjungi. Kemungkinan besar link resmi kpu.go.id mengalami crash disebabkan karena terlalu banyak pengunjung yang mengakses.

Penyebab terjadinya error sepertinya terdapat script yang tidak bisa terhubung ke database dan kemungkinan menyebabkan database overload karena banyaknya orang yang mengakses situs tersebut.

Ada baiknya, KPU segera melakukan tindakan kendali dan pencegahan terhadap kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi lebih fatal lagi kedepannya terhadap website KPU yang akan meng hack penggunaan Application Development Framework PHP CodeIgniter pada system resource and development server.

Indikator penyebab terjadinya server error didinyalir bisa saja disebabkan tidak berkualitasnya perangkat IT yang ditenderkan tidak mengacu kepada standar high kualitatif yang teranggarkan berdasaran kepada acuan pagu.

Kedepan KPU jangan lagi mengalami hal demikian kedepannya yang jelas itu sangat merugikan semua pihak menjelang hajat parpol yang bertujuan untuk perbaikan da membangun bangsa dan negeri ini melalui peran dan keterlibatan KPU didalam menentukan semua itu dan sarat dengan objek vital dan ekstra secure.

Kalo dibiarkan dan tdk segera diingatkan maka itu akan terus terjadi jelas fatal dan berdampak buruk terhadap nasib bangsa dan negara ini kedepannya.

Ical Syamsuddin
Pegiat Anti Korupsi LAKRI

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker