Nonton Konser Baik untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

Abadikini.com- Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa menonton konser musik tak hanya sekadar menghibur, juga baik untuk kesehatan. Bahkan, jika dilakukan secara rutin, menikmati konser musik bisa memberikan efek yang lebih baik dibanding yoga.

Dilansir New York Post, para peneliti melakukan tes psikometri kepada 60 responden. Mereka dipasangi monitor detak jantung dan diminta melakukan kegiatan secara terpisah, di mana sebagian responden menonton konser Paloma Faith, melakukan yoga dan mengajak anjing jalan-jalan.

Tes dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan. Hasilnya menunjukkan, responden yang menyaksikan konser Paloma Faith selama 20 menit memiliki tingkat kesehatan lebih tinggi dibandingkan responden lainnya. Selain itu, mood responden yang menonton konser musik juga meningkat sebesar 21%.

Berbeda halnya dengan mereka yang melakukan yoga selama 20 menit, hanya mengalami peningkatan kesehatan sekitar 10%. Sedangkan responden yang memilih mengajak anjing berjalan-jalan hanya mengalami peningkatan kesehatan sebesar 7%.

“Penelitian ini menunjukkan konser musik sangat berdampak pada perasaan sehat, bahagia dan wellbeing, di mana perlu dilakukan rutin setiap dua minggu,” kata Patrick Fagan yang melakukan penelitian tersebut.

Bekerja sama dengan 02, tes psikometri dirancang secara khusus untuk menilai tingkat kesejahteraan mental atau stres, kebahagiaan dan bagaimana sikap seseorang terhadap orang lain. Fakta menarik lainnya adalah orang yang menonton konser musik satu kali dalam dua minggu atau lebih, lebih bahagia, puas dan produktif.

Hal senada juga ditemukan pada jajak pendapat dari 2000 orang dewasa yang dilakukan melalui OnePoll, di mana dua pertiga orang Inggris yang menonton konser musik mengaku merasa lebih bahagia dibandingkan hanya mendengarkannya di rumah.

Sementara, musisi yang paling sering didengar saat merasa bahagia adalah Ed Sheeran, Phil Collins, dan George Michael. Selain itu, 4 dari 10 responden mengatakan menyukai atmosfer dari penonton konser musik dan hampir satu dari 10 menggambarkan pertunjukan tersebut sebagai pengalaman spiritual.

“Kita semua tahu betapa bagusnya menyaksikan band atau artis favorit konser, tetapi sekarang kita memiliki buktinya,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker