Grab Ajak Uber Gempur Gojek

Aplikasi Uber

Seiring dengan waktu, aplikasi Uber pun tidak mengalami perubahan dari yang digunakan di negara asalnya AS. Sementara itu, Grab dan Gojek terus meng-update aplikasi dan layanan yang dimilikinya, sehingga mendapatkan respons positif dari masyarakat, dan akhirnya menggerus pelanggan Uber.

Namun, meski tumbang dan menyerahkan pasarnya di beberapa kawasan kepada rival-rivalnya, Uber tetap memiliki pundi-pundi keuangan di tempat yang dia tinggalkan. Selain memiliki 27,5 persen saham di Grab, Uber pun tercatat memiliki saham yang tersebar di perusahaan ride sharing setempat.

Antara lain di China, Uber memiliki saham 20 persen di perusahaan Didi Chuxing dan Yandex. Sementara itu, di Taxi Rusia, Uber punya 36,6 persen saham. Konsesus yang diterima itu, tidak lain dengan syarat Uber hengkang berbisnis di negara-negara tersebut.

Gempur Gojek

Dengan mundurnya Uber dari kompetisi di Asia Tenggara, rival utama Grab saat ini di kawasan tersebut adalah Gojek. Seberapa besar kah, nilai valuasi kedua perusahaan tersebut?

Mengutip dari CNBC, Senin, 26 Maret 2018, nilai valuasi Grab saat ini yang tercatat di Singapura, adalah senilai US$6 miliar (Rp81,3 triliun). Sementara itu, Gojek valuasinya mencapai US$1,8 miliar (Rp24,4 triliun).

Sedangkan Uber, nilai perusahaan atau valuasi secara keseluruhan mencapai US$68 miliar atau Rp921,4 triliun. Namun, khusus untuk akusisi di Asia Tenggara, tidak dijabarkan secara detail.

Secara angka, sangat jelas terlihat jika digabungkan valuasi Grab dan Uber jauh di atas Gojek. Lalu, apa yang membuat Grab tertarik caplok Uber?

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengungkapkan, dengan akuisisi ini, peta industri Grab akan berubah. Grab akan bisa lebih maksimal dalam bisnis jasa kurir pengantar makanan.

Apalagi, UberEats, aplikasi kurir makanan Uber, akan beralih ke Grab. Seperti diketahui, UberEats tenar di kawasan tersebut, meskipun saat ini di Indonesia masih belum populer.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker