Megawati Tunjuk Basarah Wakil Ketua MPR, Utut Wakil Ketua DPR

Abadikini.com, JAKARTA- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menunjuk Ahmad Basarah sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Utut Adianto sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat. 

Penunjukan dua kader PDIP ini dilakukan karena ada tambahan jatah pimpinan bagi PDIP di DPR dan MPR sebagai amanat Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Penunjukan Basarah dan Utut dilakukan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Surat keputusan penunjukkan keduanya telah dikirim hari ini.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan adanya perwakilan PDIP di unsur pimpinan MPR dan DPR adalah cermin kesesuaian aspirasi rakyat karena PDIP adalah pertai pemenang Pemilu 2014.

“Bagi PDI Perjuangan, adanya representasi partai pengusung utama Pemerintahan Presiden Jokowi tersebut akan meningkatkan konsolidasi politik,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/3).

Hasto mengakui keberadaan Basarah dan Utut sebagai salah satu pimpinan di MPR dan DPR akan dijadikan momentum strategis untuk memperkuat konsolidasi politik pemerintahan Presiden Jokowi. 

“Kedua wakil pimpinan dari PDI Perjuangan tersebut bertugas memberikan dukungan yang lebih efektif bagi program-program pemerintahan Jokowi,” katanya.

Ia juga mengatakan, tampilnya Ahmad Basarah dan Utut Adiyanto menunjukkan proses kaderisasi kepemimpinan PDIP berjalan semakin baik dan sistemik. 

Keduanya, kata Hasto, selama ini telah digembleng sebagai kader Partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara. Hasto memuji keduanya sebagai politikus dengan kepemimpinan berkarakter serta punya kecakapan manajerial handal. 

“Keduanya berdedikasi untuk memerbaiki peningkatan kinerja kedua lembaga negara tersebut,” kata Hasto. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker