Pertemuan Bilateral antara Menhan RI dan Menhan AS Bahas Krisis di Semenanjung Korea

abadikini.com, JAKARTA – Tidak mengeluarkan provokasi untuk Korea Utara (Korut) adalah salah satu bahasan inti dari pertemuan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis.

“Tadi saya sampaikan, hendaknya kita ini jangan memanas-manasi dan selalu menahan diri untuk tidak melakukan provokasi,” ucap Ryamizard dalam konferensi pers usai bertemu dengan Mattis di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

“Kita tekan Korut untuk melaksanakan hukum internasional dan kita serahkan kepada PBB agar mereka yang mengatur semuanya,” lanjut Ryamizard.

Ryamizard menambahkan, menahan diri untuk tidak menambah provokasi dan memanas-manasi keadaan, diperlukan oleh semua negara untuk meredam konflik program nuklir Pyongyang tersebut.

Hal senada juga dikatakan oleh ‘Mad Dog’, julukan dari Mattis, yang mengatakan bahwa isu Korut saat ini merupakan isu yang sangat penting di dunia internasional.

“Tidak ada satu negara pun yang bisa menyelesaikan masalah dunia, sendirian. Maka dari itu, kita harus terus bersama-sama untuk bekerja sama,” ungkap Mattis.

Ketegangan antara AS dan Korut terus meningkat di mana Presiden AS Donald Trump terlibat perang kata-kata dengan pemimpin Korut, Kim Jong Un.

Meski belum pernah bertatap muka secara langsung, permusuhan antara kedua pemimpin ini terlihat sangat nyata. Apalagi setelah Korut mengancam bisa meluncurkan hulu ledak nuklir yang disinyalir akan mencapai Pantai Amerika. (adm.ak/fjr)

Back to top button