Korea Utara Siap Luncurkan Rudal Nuklir ke Amerika Serikat

abadikini.com, MANILA – Korea Utara (Korut) menyatakan siap memberikan Amerika Serikat (AS) sebuah “pelajaran berat” dengan kekuatan nuklir strategisnya. Korut menyebut “pelajaran” ini akan diberikan jika AS memutuskan untuk menggunakan jalur militer dalam mengatasi masalah di Semenanjung Korea.

Dalam sebuah transkrip pernyataan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho yang dibagikan delegasi Korut di Manila, Filipina, disebutkan Korut tidak akan pernah menempatkan program nuklir atau rudal mereka di meja perundingan.

Yong-ho dalam pernyataanya juga turut menyinggung masalah sanksi terbaru yang dijatuhkan oleh Dewan Keamanan (DK) PBB. Dia mengatakan, sanksi itu terlalu dibuat-buat dan Korut tidak akan tinggal diam.

“Resolusi tersebut menunjukkan PBB telah menyalahgunakan kewenangannya,” kata Yong-ho, seperti dilansir Reuters pada Senin (7/8/2017).

Dikatakannya, uji coba rudal balistik antar benua pada bulan Juli membuktikan bahwa seluruh wilayah AS berada dalam jangkauan tembak, dan rudal tersebut merupakan alat pembelaan diri yang sah.

Namun, sejauh ini belum jelas apakah pernyataan tersebut dibacakan Yong-ho dalam forum regional ASEAN yang saat ini berlangsung di Manila. AS, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Turki, dan Kanada turut terlibat dalam rangkaian pertemuan tahunan tingkat Menteri ASEAN tersebut

Baca Juga

Back to top button