Beredar Hoax PLN Lakukan Pedaman Bergilir di Kota Batam Selama Empat Hari, Ini Klarifikasi PLN

abadikini.com, BATAM – Pemadaman bergilir selama empat hari di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) langsung dapat tanggapin serius oleh Manager Of Public Relation Bringht PLN Bukti Panggabean. Ia mengatakan, informasi mengenai pemadaman bergilir selama empat hari di Batam adalah hoax (palsu) dan itu tidak benar.

“Kalau secara umum pasokan listrik kita aman sampai saat ini dan tidak ada kendala Desember 2017 ini, bahwa PLN Batam sudah mempersiapkan sistem dan pembangkit, kecuali hal-hal diluar kendali kita,” ujar Bukt  melalui WhatsApp,  Selasa (5/12/2017) siang.

Lebih lanjut Bukti menjelaskan, untuk padamnya dapat di sebabkan dua hal contoh pemadaman yang terencana dan pemadaman tidak terencana

Dan hal itu tetap di publikasikan melalui media sosial, (Facebook dan Twitter), media cetak (Koran), media elektronik  dan media online(radio) dan Website bright PLN Batam http://info.plnbatam.com/info/index.php?page=info-pemadaman sesuai dengan Standar Mutu Pelayanan dan Standar Operating Procedure bright PLN Batam

Seperti pemadaman terenjana kegiatan yang telah direnjanakan oleh PLN terhentinya aliran listrik PLN ke pelanggan dalam rangka penambahan peralatan jaringan akibat pertumbuhan industri dan perumahan yang meningkat setiap tahunnya terhadap  kurang lebih 1200 gardu listrik PLN Batam yang tersebar diseluruh wilayah kerja.

“Pelaksanaan maintenance dan jaringan ini keandalan listrik lebih terjaga dan beban terpecah sehingga mencegah terjadinya kelebihan beban atau overload,” ujar Bukti.

Tujuan pemeliharaan ini adalah untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal kemudian kedua pemadaman tidak terencana merupakan pemadaman akibat terjadinya gangguan yang tidak direncanakan.

Hal ini bisa disebabkan akibat terganggunya suatu unit pembangkit, transmisi 150 KV atau jaringan 20 KV, seperti gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator pembangkit. Gangguan akibat petir, hujan lebat yang mengakibatkan pohon tumbang, jaringan bawah tanah terkena garukan beko.

“Jika terjadi gangguan seperti ini petugas juga tidak bisa langsung melakukan perbaikan pada mesin atau jaringan karena harus memadamkan wilayah yang terkena gangguan agar petugas selamat dan dampaknya tidak meluas,” ujar Bukti. (zul.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker