VIDEO: Asap Tebal Pabrik Mini Kelapa Sawit Milik PT Jabal Perkasa Cemarkan Udara Sekitar Tambusai Barat

abadikini.com, ROKAN HULU – Pabrik Mini Kelapa Sawit (PMKS)  PT  Jabal Perkasa memuntahkan asap tebal yang mencemari udara sekitar pabrik yang mengakibatkan masyarakat terserang penyakit asma. Hal ini di sampaikan salah satu warga Dusun Tandihat Desa Tambusai Barat  kecamatan Tambusai barat  AE siregar saat ditemui kontributor abadikini.com di Dusun Tandilahat, Kamis (16/11/2017).

AE siregar (34) yang juga  masyarakat setempat sekaligus seorang jurnalis /wartawan dari media  detik peristiwa.com. membenarkan bahwa pukul 07:30 wib wilayah mereka di beri oleh PT  Jabal Perkasa sarapan pagi dengan  asap tebal  pabrik.

“Asap dimuntahkan Pabrik Sulit membedakan antara siang dan malam karna tebalnya asap PT Jabal Perkasa yang  menyelimuti awan  di sekitar kediaman penduduk sehingga masyarakat resah dengan keadaan tersebut,” ujarnya.

AE Siregar menjelaskan, masyarakat  meminta kepada dinas terkait untuk menindak PT Jabal Perkasa agar  memperingati dan menegur pihak Perusahaan untuk tidak nengeluarkan asap tebal di saat jam sibuk anak-abak kesekolah atau jam sibuk masyarakat,

“Bila mana teguran sudah diberikan namun tidak diindahkan oleh pihak perusahaan terang AE bila perlu ditutup saja di karnakan asap tersebut sudah berulangbkali sehingga masyarkat rawan diserabg penyakit  asma,” jelasnya.

Beliau juga membeberkan bahwa PT. Jabal Perkasa tidak pernah memberi dana CD / CSR terhadap masyarakat setempat.

Jumirin (35) yang sangat dekat rumahnya dengan perusahaan juga membenarkan hal tersebut bahkan beliau berharap pada bupati H. Suparman untuk turun melihat langsung kekejaman pihak perusahaan dan bila perlu  tutup dan hentikan kegiatan PT. Jabal Perkasa tutur warga. (R.lubis.ak)

Baca Juga

Back to top button