Foto Kaki Nyamuk Ini Mendadak Viral di Media Sosial, Ini Dia Penampakannya

abadikini.com, JAKARTA – Masih ingat foto ngengat yang sempat menjadi viral di Facebook?  Awalnya orang-orang bertanya serangga apa itu, karena serangga berbentuk aneh. Dia memiliki enam kaki, dua tanduk, dan empat sayap berbulu yang tumbuh di bagian belakangnya.

Ternyata, serangga itu dikenal sebagai ngengat Creatonotos gangis. Ia memang banyak berada di Asia Tenggara dan sebagian Australia. Nah, kasus serupa terjadi lagi.

Baru-baru ini, beredar foto menakjubkan di Reddit. Tapi beberapa orang tidak tahu benda atau makhluk hidup apakah itu.Namun postingan itu telah mendapat lebih dari 32.000 upvotes dan tidak memiliki latar belakang informasi yang jelas. Setelah ditelurusi, dilansir dari livescience.com, foto itu sebanarnya adalah kaki nyamuk.

 

Kaki Nyamuk diperbesar dengan mikroskop elektron.

 

Itu adalah gambar sebenarnya dari mikroskop eletron scanning yang dibuat oleh fotografer Steve Gschmeissner. Bahkan foto ini pernah masuk dalam daftar 2016 Royal Photography Society International Images for Science.

“Mungkin karena kerumitannya yang tak terduga, banyak orang yang tidak tahu,” kata Gschmeissner.

Foto itu menunjukkan ujung kaki nyamuk, termasuk cakar, sisik, dan pulvillus (bantalan dengan rambut perekat). Menurut Gschmeissner, skala ini menandai seluruh tubuh nyamuk. Namun bagian tubuh yang sangat padat ada di dekat kaki.

Hal ini bertujuan untuk membantu melindungi anggota badan dan memungkinkan nyamuk mendarat di atas air, di mana ia bisa bertelur.

“Semua serangga, termasuk nyamuk, memiliki semua jenis mikroskopis halus semacam ini,” kata Gschmeissner. (beng.ak/iso)

Back to top button