Panen Tembakau di Pamekasan Terealisasi 45 Persen

abadikini.com, PAMEKASAN – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pamekasan, Jawa Timur Isye Windarti menyatakan realisasi panen tembakau madura di daerah ini hingga saat ini mencapai 45 persen.

“Ada sebanyak 11.485 hentare lahan tembakau madura yang sat ini telah dipanen,” katanya kepada Antara per telepon, Rabu (30/8) siang.

Ia menjelaskan, luas areal lahan tembakau madura di Pamekasan pada musim tanam kali ini sebanyak 23.690 hektare.

Realisasi tanam tembakau kali ini, jauh lebih sedikit dari proyeksi tanam 32.205 hektare.

“Dengan demikian, hingga akhir Agustus 2017 masih lebih banyak petani yang belum memanen tembakau,” ujar Isye.

Ia mengatakan pada musim tanam tembakau kali ini, masa panen lambat, karena di awal musim sering turun hujan, sehingga waktu panen juga lambat.

“Kami memperkirakaan puncak panen tembakau madura di Pamekasan ini pada pertengahan hingga akhir September 2017,” ujar Isye Windarti.

Sementara itu, pada musim panen tembakau kali ini, gabungan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan telah membentuk tim khusus tata niaga tembakau.

Tim gabungan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Perekonomian, Satuan Polisi Pamong Praja, perwakilan DPRD dan perwakilan Komisi Urusan Tembakau Pamekasan.

Tim bertugas melakukan pemantauan, mulai awal panen, hingga musim panen tembakau selesai.

“Pembentukan tim tata niaga tembakau ini dimaksudkan untuk mengontrol sistem tata niaga agar sesuai dengan ketentuan dan tidak merugikan petani tembakau,” kata Kepala Disperindag Pamekasan Bambang Edy Suprapto. (ant/ara/adm.ak)

Surujambi.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker