PAN Akan Usung Gatot Nurmantyo di Pilpres 2019 Mendatang

abadikini.com, JAKARTA – Jelang rapat kerja nasional (Rakernas) Partai Amanat nasional (PAN) di Bandung pada, 21 hingga 23 Agustus mendatang, akan ada pembahasan soal figur calon presiden untuk Pemilu 2019 nanti.

Meski Rakernas itu untuk membahas Pilkada 2018. Ketua Panitia Pelaksana Rakernas PAN Yandri Susanto menyatakan, ada sejumlah nama bakal calon presiden yang sudah masuk radar partainya. Yakni Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Gatot Nurmantyo.

“PAN memungkinkan untuk kembali mengusung Pak Jokowi. Tapi untuk mengusung yang lainnya juga memungkinkan seperti Pak Prabowo dan Pak Gatot Nurmantyo, atau nama lain,” ujar Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/8).

Memang, PAN saat ini menjadi partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun, pada Pemilu Presiden 2014, partai bentukan Amien Rais itu merupakan pengusung Prabowo.

Sedangkan kini, PAN mulai tertarik pada sosok Gatot yang juga Panglima TNI. Yandri menuturkan, Jenderal Gatot merupakan tentara dengan karier dari bawah yang kini punya kemampuan memimpin.

“Saya kira Pak Gatot layak masuk bursa capres PAN. Kami melihat sosok beliau, kriteria sosok pemimpin sudah ada di beliau,” tegasnya.

Soal elektabilitas Gatot, kata Yandri, PAN belum menjajakinya melalui survei. Namun, dengan memunculkan Gatot pada Pilpres 2019, maka publik ada pilihan selain Jokowi dan Prabowo. “Tetapi ini kan strategi supaya nanti respons publik ada nggak tentang penyebutan nama itu,” jelasnya.

Yandri juga berpendapat, sah-sah saja untuk mulai menyebut nama Gatot sebagai kandidat yang akan bersaing di Pilpres 2019. Sekretaris Fraksi PAN DPR itu meyakini penyebutan nama Gatot tak akan menggangu konsentrasinya sebagai Panglima TNI.

“Pak Gatot silakan kerja yang baik-baik. Kalau perlu lebih baik lagi. Setelah disebut harusnya kan lebih baik lagi dan semangat,” pungkasnya.  (ak/jpnn) 

Baca Juga

Back to top button