Siprianus Habur dan Heremias Dupa Siap Rebut Kursi Lowong Wakil Bupati Manggarai Timur

Abadikini.com, BORONG- Tiga partai Koalisi Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang (PBB) dna Partai Keadilan Sejahtera telah sepakat menususng Siprianus Habu dan Heremias Dupa untuk mengikuti pemilihan Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur (Matim).

Wabup Matim saat ini lowong, setelah Jaghur Stefanus meninggal dunia pada bulan Maret 2022 lalu karena sakit.

Terkait proses pemilihan ini juga, DPRD sudah membentuk Panitia Pemilihan Wabup Matim Sisa Masa Jabatan 2019-2024 pada tanggal 7 Juni 2022 lalu. Dan setelah dilakukan penyusunan program dan kegiatan Pemilihan, Rabu 7 September 2022 dilakukan pengumuman pendaftaran Calon Wabup Matim.

Ada dua kegiatan/tugas dari Panitia Pemilihan mulai dari Tahapan Persiapan berupa Pembentukan Panitia Pemilihan, Penyusunan Program, Kegiatan dan Jadwal Pemilihan Wakil Bupati, Pengumuman Pendaftaran Calon Wakil, Pendaftaran Calon, Penelitian persyaratan administrasif, Perbaikan kekurangan dokumen Calon, Penetapan Calon, Pengundian Nomor Urut Calon, Melaporkan Calon Wakil Bupati yang telah ditetapkan dalam rapat Paripurna.

Tahapan Pelaksanaan yakni menyelenggarakan penyampaian Visi dan Misi Calon Wakil Bupati Manggarai Timur yang sudah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Matim, menyelenggarakan Pemungutan Suara dan Penetapan Calon Wakil Bupati menjadi Wakil Bupati Terpilih dilanjutkan dengan Paripurna Istimewa pengumuman Wabup terpilih.

Menurutnya agenda ini menjadi kerangka penting kerja Panitia pemilihan. Karena itu diharapkan doa dan dukungan agar kegiatan pemilihan ini berjalan dengan lancar hingga penetapan Calon Wakil Bupati terpilih nantinya.

Mengutip dari Pos.Kupang, Kamis (8/9/2022), Heremias Dupa memastkan dirinya akan siap mendaftar menjadi Calon Wakil Bupati. “saya pasti daftar,”ujarnya.

Heremias juga menjelaskan sesuai mekanisme ketiga partai Koalisi harus mengusung dua orang nama yang sama melalui Bupati.

Kemudian masing-masing dari dua nama ini harus mendapatkan rekomendasi dari masing-masing Dewan Pimpinan Pusat partai, baik PAN, PBB maupun PKS.

Rekomendasi ini mengerucut pada berita acara kesepakatan bersama yang menyepakati dua nama yaitu Heremias Dupa dan Siprianus Habur.

Dan dari hasil rekomendasi itu telah diusung 2 orang nama yakni Heremias Dupa dari politisi PAN dan Siprianus Habur politisi PBB untuk mengikuti pemilihan Wabup Matim.

Untuk itu, kata Heremias, dirinya sudah mulai mempersiapkan diri untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Wabup.

Terkait berkas, kata Heremias masih belum semua dilengkapi karena saat ini baru proses pengumuman pendaftaran dan pendaftaran nantinya akan dijadwalkan Panitia pada tanggal 10 September 2022 ini.

Heremias juga berharap agar dalam proses pemilihan berlangsung sesuai dengan yang diharapkan dan berjalan lancar hingga pada penetapan Calon terpilih menjadi Wabup Matim.

Siprianus Habur juga mengatakan, ia siap mendaftarkan diri untuk ikut pemilihan Wabup Matim. Terkait berkas belum semua dilengkapi karena saat ini masih pengumuman pendaftaran.

Meski demikian, Siprianus berharap agar Panitia bisa mendiskusikan kembali, sebab waktu pendaftaran sesuai jadwal yang diterimanya hanya satu hari saja.

“Ruang ini juga menurut saya terlalu mepet, kalau bisa diberi ruang 2 atau 3 hari lah untuk jadwal pendaftaran ini,”ujarnya.

Menurut Siprianus, siapapun yang terpilih menjadi Wabup Matim itu merupakan kehendak rakyat melalui anggota DPRD yang merupakan untusan rakyat.

“Apakah besok Heremias yang jadi atau kah Siprianus Habur, itu adalah doa masyarakat Manggarai Timur,” tutupnya.

Berikut jadwal pemilihan calon wakil bupati Manggarai Timur sisa masaja jabatan 2019-2024:

10 September 2022 pendaftaran calon wabup di ruang komisi A DPRD Manggarai Timur.

11-13 September, panitia akan meneliti persyaratan administratif dari bakal calon.

14-16 September, melengkapi dokumen persyaratan yang kurang.

17 dan 19 September 2022, penetapan calon wakil bupati dan pengundian nomor urut

20 September, panitia akan melaporkan calon wakil bupati yang telah ditetapkan kepada lembaga DPRD dalam rapat paripurna.

22 September 2022, pemaparan visi-misi calon wakil bupati.

23 September pemungutan suara oleh DPRD Manggarai Timur dan penetapan wakil bupati terpilih.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker