Merasa Terancam di Kawasan, Iran Produksi Rudal Baru

abadikini.com, BEIRUT – Iran mengumumkan peluncuran lini produksi rudal baru pada Sabtu (22/7/2017) menurut siaran media pemerintahnya.

Rudal Sayyad 3 bisa mencapai ketinggian 27 kilometer dan melakukan perjalanan hingga 120 kilometer menurut Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan dalam satu upacara.

Rudal itu bisa menyasar pesawat-pesawat tempur, kendaraan udara nirawak, rudal jelajah dan helikopter, kata Dehghan.

Dehghan juga mengatakan dalam upacara Sabtu (22/7/2017), bahwa kesepakatan militer baru 110 miliar dolar AS antara Amerika Serikat dan Arab Saudi, yang diumumkan saat kunjungan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Riyadh pada Mei, ditujukan untuk mengancam Iran.

“Kita baru-baru ini menyaksikan pembelian besar yang dilakukan beberapa negara di kawasan ini sebagai tebusan kepada Amerika dan mereka berniat membawa senjata-senjata ke kawasan, dan pembelian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengancam Iran,” kata Dehghan menurut siaran TV negara yang dikutip kantor berita Reuters.

Pekan lalu Amerika Serikat menjatuhkan sanksi-sanksi ekonomi baru pada Iran berkenaan dengan program rudalnya, dan menyatakan bahwa “kegiatan merusak” Teheran di Timur Tengah melemahkan “sumbangan positif” apa pun yang datang dari kesepakatan nuklir Iran tahun 2015. (gil.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker